Pembiasaan Kegiatan Keagamaan dan Tata Krama Siswa Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Jember

Iswanto, Mr (2020) Pembiasaan Kegiatan Keagamaan dan Tata Krama Siswa Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Mr. Iswanto_084 141 309.pdf

Download (1MB)

Abstract

Perilaku atau sikap yang baik sangat penting bagi siswa dalam bertingkah laku di madrasah maupun dimasyarakat, jika perilaku siswa tidak dibiasakan mulai dari sekarang maka pupuslah harapan madrasah, karena dalam mendidik siswa sekarang sangatlah sulit, dengan adanya pembiasaan di madrasah bertujuan untuk mengembangkan sikap siswa melalui pembiasaan keagamaan yang di dalamnya berisi tentang pembiasaan membaca waqi’ah, sholat dhuha, dan tata krama siswa. Semua pihak madrasah menerapkan kegiatan pembiasaan tersebut dengan harapan seluruh siswanya mampu memiliki sikap atau perilaku yang baik sehingga memiliki siswa yang berbudi luhur. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana pembiasaan kegiatan keagamaan dan tata krama siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Jember. (2) Faktor-faktor apa saja yang menghambat dan mendukung dalam pelaksanaan pembiasaan kegiatan keagamaan, dan tata krama siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Jember. Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mendiskripsikan pembiasaan kegiatan keagamaan dan tata krama siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Jember. (2) Untuk mendiskripsikan faktor-faktor yang menghambat dan mendukung pembiasaan kegiatan keagamaan dan tata krama siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Jember Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Penentuan subjek penelitian menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Berdasarkan hasil temuan peneliti maka dapat disimpulkan bahwa: (1) Pelaksanaan kegiatan pembiasaan keagamaannya melalui sholat dhuha dan membaca waqi’ah dilaksanakan oleh siswa-siswi dan sebagian guru, dilaksanakan pada hari senin sampai kamis jam 07:00-70:20 wib sebelum pelajaran dimulai. Adapun dalam pelaksanaannya siswa membaca bersama dan sholat dhuha berjamaah dengan di pimpin oleh guru. Dari kedua kegiatan tersebut madrasah juga membiasakan siswa untuk bertata krama dan beradab terhadap guru, orang tua, dan teman, sesuai dengan buku pedoman siswa di MTsN 1 Jember. (2) dengan adanya pembiasaan kegiatan keagamaan faktor yang mendukung dalam berjalannya kegiatan di madrasah, yaitu: Dukungan dari guru, saling berkerja sama pada saat pelaksanakan kegiatan, dan orang tua siswa tepat waktu ketika mengantarkan anaknya. Hambatan dari pembiasaan kegiatan yaitu: siswa telat datang ke sekolah, ketidak disiplinan siswa, dan ketidaknyamanan pada saat siswa melaksanakan pembiasaan kegiatan, karena aula yang di tempati tidak sesuai dengan keberadaan siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 09 May 2023 02:39
Last Modified: 09 May 2023 02:39
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23229

Actions (login required)

View Item View Item