Hotimah, Khusnul (2021) Program Menghafal Hadist 101 Dalam Membentuk Karakter Islami Siswa di Sekolah Menengah Pertama Al-Hasan Panti Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Khusnul hotimah_T20171208.pdf Download (6MB) |
Abstract
Kata Kunci: Program Menghafal, Karakter Islami Skripsi ini membahas tentang program menghafal hadsit 101 dalam membentuk karakter Islami siswa di SMP Al-Hasan Panti Jember. Studi ini dilatarbelakangi oleh kemunduran karakter yang cenderung ke arah negatif, seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi. Melihat kondisi yang demikian sangat diperlukan upaya untuk membentuk karakter Islami kepada siswa sebelum terpengaruh hal-hal negatif. Fokus penelitiannya yaitu: (1) Bagaimana pelaksanaan program menghafal hadist 101 dalam membentuk karakter Islami siswa di SMP Al-Hasan Panti Jember? (2) Apa saja faktor penghambat dan pendukung pelaksanaan program menghafal hadist 101 dalam membentuk karakter islami siswa di SMP Al-Hasan Panti Jember?. Tujuan dari penelitian ini yaitu: Pertama, untuk mendeskripsikan pelaksanaan program menghafal hadits 101 dalam membentuk karakter Islami siswa. Kedua, untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan program menghafal hadist 101 dalam membentuk karakter islami siswa di SMP Al-Hasan Panti Jember. Metode penelitian ini kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Untuk memeperoleh data yang valid, dalam penelitian ini diperlukan teknik pengumpulan data dengan menggunakan tiga metode yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Selanjutnya teknik analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi data sumber dan triangulasi data teknik. Tahap penelitiannya, yaitu: persiapan, pelaksanaan, dan penyusunan laporan. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu: (1) Pelaksanaaan program menghafal hadist 101 dalam membentuk karakter Islami siswa di SMP Al-hasan ini berjalan dengan lancar, dan kegiatan programnya dilaksanakan setiap hari pada waktu pagi sesuai dengan yang telah direncanakan. Menggunakan beragam metode, menyesuaikan kemampuan peserta didik. yakni membaca secara berulang-ulang, talaqqi, dan tasmi’. Menggunakan media papan tulis, LCD/proyektor, serta tampilan-tampilan puzzle. Program tersebut terdapat beberapa nilai karakter Islami yang memiliki manfaat dan menjadi penguat terbentuknya pendidikan karakter Islami di sekolah. Adapun nilai-nilai yang sudah dapat diaplikasikan yaitu nilai keimanan, nilai kesopanan, nilai kedisiplinan, nilai tanggungjawab, nilai kejujuran, dan nilai ketekunan. Hasil dari diselenggarakannya program tersebut yaitu membantu peserta didik dalam membentuk karakter Islaminya, terutama akhlak yang harus diaplikasikan dalam kehidupan sehari-harinya. (2) ada beberapa faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaanya. Diantara faktor pendukungnya yaitu adanya guru pembimbing yang berperan aktif, visi dan misi, serta semangat dan antusias peserta didik. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu tingkat kecerdasan yang berbeda yang dimiliki oleh peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Retno Amelia |
Date Deposited: | 09 May 2023 02:40 |
Last Modified: | 09 May 2023 02:40 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23231 |
Actions (login required)
View Item |