Manajemen Komunikasi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Di SMP Islam Garden School Kabupaten Jember

Hasanah, Kiptiyatul (2021) Manajemen Komunikasi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Di SMP Islam Garden School Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Kiptiyatul Hasanah_084 143 028.pdf

Download (10MB)

Abstract

Permasalahan yang diajukan dalam penelitian ini adalah tentang bagaimana manajemen komunikasi kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru di SMP Islam Garden School Desa Mumbulsari Kecamatan Mumbulsari Kabupaten Jember, komunikasi apa yang dibangun oleh kepala sekolah dengan para guru, staf dan komitesekolah. Tujuan penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut: 1) Mendeskripsikan Pelaksanaan Komunikasi Kepala sekolah dengan Staf TU dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di SMP Islam Garden School Desa Mumbulsari Kecamatan Mumbulsari Kabupaten Jember. 2)Mendeskripsikan Pelaksanaan Komunikasi Kepala sekolah dengan Guru dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di SMP Islam Garden School Desa Mumbulsari Kecamatan Mumbulsari Kabupaten Jember. 3)Mendeskripsikan Pelaksanaan Komunikasi Kepala sekolah dengan Komite Madrasah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di SMP Islam Garden School Desa Mumbulsari Kecamatan Mumbulsari Kabupaten Jember. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Dan jenis penelitian studi kasus.teknik penentuan subjekpeniliti menggunakan observasi, wawancara, serta dokumentasi.teknik analisis data skripsi ini menggunakan model intraktif milles dan hubberman, melalui beberapa cara yaitu pengumpulan data, mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triaggulasi sumber dan trianggulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kepala Sekolah SMP Islam Garden School Desa Mumbulsari Kecamatan Mumbulsari Kabupaten Jember. memang melaksanakan komunikasi dengan para Guru, Staf TU dan Komite sekolah dalam meningkatkan profesionalisme di SMP Islam Garden School Desa Mumbulsari Kecamatan Mumbulsari Kabupaten Jember, 1) Komunikasi melaluiperorangan atau facetoface kepada staf TU, seperti misalnya melalui rapat-rapat yang telah dijadwalkan sebelumnya atau pada saat-saat senggang seperti pada waktu jam istirahat. 2) ada 2 (dua) bentuk komunikasi yaitu, pertama (Downward communication) yaitu komunikasi dari kepala sekolah kepada guru. Kedua (Upwardcommunication). Dariguru kepada kepala sekolah, melalui rapat dan perayaan PHBI. 3) Komunikasi langsung antara pribadi komite sekolah melalui rapat-rapat yang terjadwal maupun yang tidak terjadwal seperti kepala sekolah silaturrohmi kepada komite ataupun sebaliknya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 09 May 2023 02:40
Last Modified: 09 May 2023 02:40
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23234

Actions (login required)

View Item View Item