Pemanfaatan Laboratorium Agama sebagai Sumber Belajar Siswa pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMK Negeri 5 Jember Tahun Pelajaran 2019/2020.

Masruroh, Lailatul (2020) Pemanfaatan Laboratorium Agama sebagai Sumber Belajar Siswa pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMK Negeri 5 Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Lailatul Masruroh_T20161127.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kata kunci: Pemanfaatan, Laboratorium Agama, Sumber Belajar. Pembelajaran pada hakikatnya adalah proses interaksi antara siswa dengan lingkungannya, sehingga terjadi perubahan tingkah laku ke arah yang lebih baik. Pengetahuan yang diperoleh siswa di ruang kelas melalui pesan lisan yang disampaikan oleh guru kebanyakan masih bersifat abstrak berupa teori-teori. Berbagai teori akan mudah dipahami dan diterima oleh siswa apabila mereka terlibat langsung melalui pengamatan dan praktek pembelajaran secara langsung. Sehingga yang dibutuhkan pada pembelajaran PAI seharusnya mampu menyeimbangkan antara teori dan praktik. Keberhasilan pembelajaran PAI dapat ditentukan oleh berbagai faktor. Salah satunya yaitu memanfaatkan sumber belajar. Tidak terbatas pada guru dan buku cetak saja, namun tempat atau lingkungan yang mengandung informasi pun juga bisa dijadikan sebagai sumber belajar. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana proses pembelajaran PAI dengan pemanfaatan laboratorium agama di SMK Negeri 5 Jember? 2) Bagaimana respon dan sikap siswa dengan adanya pemanfaatan laboratorium agama sebagai sumber belajar pada pembelajaran PAI di SMK Negeri 5 Jember? Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan: 1) Proses pembelajaran PAI dengan pemanfaatan laboratorium agama di SMK Negeri 5 Jember, 2) Respon dan sikap siswa dengan adanya pemanfaatan laboratorium agama sebagai sumber belajar pada pembelajaran PAI di SMK Negeri 5 Jember Untuk mencapai tujuan di atas, peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan pada penelitian ini ialah analisis kualitatif model Miles, Huberman dan Saldana yaitu pengumpulan data, kondensai data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Sedangkan untuk menguji keabsahan data yang diperoleh, peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Proses pembelajaran PAI dengan pemanfaatan laboratorium agama di SMK Negeri 5 Jember meliputi tiga tahapan, yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan pembelajaran, dan tahap evaluasi. 2) Respon dan sikap siswa dengan adanya pemanfaatan laboratorium agama sebagai sumber belajar pada pembelajaran PAI di SMK Negeri 5 Jember yaitu mendukung praktik dalam proses pembelajaran PAI, serta membuat suasana belajar menjadi tidak membosankan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 09 May 2023 02:40
Last Modified: 09 May 2023 02:40
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23238

Actions (login required)

View Item View Item