Trend Fashion Muslimah Sebagai Pesan Keagamaan (Studi Kasus Mahasiswa Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam IAIN Jember)

Selviana, Lia (2021) Trend Fashion Muslimah Sebagai Pesan Keagamaan (Studi Kasus Mahasiswa Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam IAIN Jember). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Lia Selviana_D20161066.pdf

Download (6MB)

Abstract

Tuntunan Islam mengenai pakaian adalah yang dapat menutup aurat wanita secara keseluruhan, kecuali yang dibolehkan untuk dilihat. Pakaian tembus pandang adalah pakaian yang secara kesulurahan belum menutup bagian tubuh secara sempurna sebagaimana yang dianjurkan oleh syariat Islam. sehingga dari pakaian yang tembus pandang itu akan menampakkan beberapa postur tubuh yang seharusnya tidak ditampakkan, seperti lengan, dada, leher dan sebagainya. Inilah esensi dari fashion muslimah. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana trend fashion muslimah dimaknai oleh mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam IAIN Jember? dan 2) Bagaimana fashion muslimah menjadi pesan keagamaan bagi mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam IAIN Jember? Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui makna fashion muslimah bagi mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam IAIN Jember dan 2) Untuk mengetahui trend fashion muslimah sebagai pesan keagamaan bagi mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam IAIN Jember. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara secara mendalam, observasi dan dokumentasi. Kesimpulan pada penelitian ini adalah 1) Makna trend fashion bagi mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam adalah penggunaan busana dan segala aksesorisnya yang diperuntukkan untuk menutup aurat sesuai dengan ketentuan agama dan model yang ditampilkan adalah sesuai dengan kemajuan zaman, serta mampu menampilkan ciri khas seorang mahasiswi muslimah. Serta sebagian mahasiswi yang gemar mengenakan busana muslimah pada setiap aktivitasnya sehari-hari di kampus menjadikan busana muslimah sebagai fashion dan lifestyle (gaya hidup).2) Mahasiswi Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam IAIN Jember telah memahami dengan baik arti menutup aurat dan mampu untuk mengaplikasikan busana muslimah dalam kehidupannya, hal ini terlihat dari pakaian atau busana yang dikenakan pada saat datang ke kampus ketika mengikuti kuliah maupun kegiatan-kegiatan lain di dalam kampus IAIN Jember, selain itu beberapa mahasiswi mengenakan busana muslim yang baik hanya sebatas di kampus saja, namun ketika berada di luar kampus mereka melepaskannya, misalnya saat saat bepergian ke mall, atau ketika berkumpul dengan temantemannya untuk sekedar jalan-jalan maupun ketika berada di lingkungan kostkostan, maupun dirumah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 09 May 2023 03:58
Last Modified: 09 May 2023 03:58
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23244

Actions (login required)

View Item View Item