Implementasi Metode Qiro'ati dalam Pembelajaran Al-Qur'an pada Wali Murid SDI Baitussalam di Masjid Baitussalam Toyamas Gambiran Banyuwangi Tahun 2022

Nur Azizah, Kharisma (2023) Implementasi Metode Qiro'ati dalam Pembelajaran Al-Qur'an pada Wali Murid SDI Baitussalam di Masjid Baitussalam Toyamas Gambiran Banyuwangi Tahun 2022. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Kharisma Nur Azizah_T20191168.pdf

Download (6MB)

Abstract

Kata Kunci : Metode Qiro'ati; Pembelajaran Al-Qur'an

Pembelajaran Al-Qur’an merupakan usaha yang dilakukan untuk mempelajari Al-Qur’an untuk seluruh usia, baik anak-anak maupun dewasa dengan berbagai metode salah satunya yakni metode Qiro’ati. Hal tersebut dilakukan mengingat Al-Qur’an merupakan pedoman bagi umat muslim. Seluruh umat muslim dapat terus mempelajari Al-Qur’an hingga dewasa, hal ini menunjukan salah satu penerapan pendidikan sepanjang hayat, dimana wali murid SDI Baitussalam di Masjid Baitussalam Toyamas Gambiran Banyuwangi melaksanakan kegiatan pembelajaran Al-Qur’an menggunakan metode Qiro’ati. Setelah melaksanakan kegiatan pembelajaran tersebut wali murid diharapkan dapat meningkatkan kualitas bacaan serta menjadi pengajar bagi anak-anak mereka saat dirumah.
Fokus penelitian dalam penelitian ini meliputi: 1) Bagaimana Perencanaan Metode Qiro’ati dalam Pembelajaran Al-Qur’an pada Wali Murid SDI Baitussalam di Masjid Baitussalam Toyamas Gambiran Banyuwangi Tahun 2022? 2) Bagaimana Pelaksanaan Metode Qiro’ati dalam Pembelajaran Al-Qur’an pada Wali Murid SDI Baitussalam di Masjid Baitussalam Toyamas Gambiran Banyuwangi Tahun 2022? 3) Bagaimana Evaluasi Metode Qiro’ati dalam Pembelajaran Al-Qur’an pada Wali Murid SDI Baitussalam di Masjid Baitussalam Toyamas Gambiran Banyuwangi Tahun 2022?
Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan Perencanaan Metode Qiro’ati dalam Pembelajaran Al-Qur’an pada Wali Murid SDI Baitussalam di Masjid Baitussalam Toyamas Gambiran Banyuwangi Tahun 2022, Mendeskripsikan Pelaksanaan Metode Qiro’ati dalam Pembelajaran Al-Qur’an pada Wali Murid SDI Baitussalam di Masjid Baitussalam Toyamas Gambiran Banyuwangi Tahun 2022 dan Mendeskripsikan Evaluasi Metode Qiro’ati dalam Pembelajaran Al-Qur’an pada Wali Murid SDI Baitussalam di Masjid Baitussalam Toyamas Gambiran Banyuwangi Tahun 2022.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan jenis penelitian field research. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yakni observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model Miles, Huberman dan Saldana yang terdiri dari Pengumpulan Data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data pada penelitian ini menggunakan dua macam teknik yakni: 1) Triangulasi Teknik, dan 2) Triangulasi Sumber.
Hasil penelitian ini yaitu: 1) Perencanaan Metode Qiro’ati dalam Pembelajaran Al-Qur’an pada Wali Murid SDI Baitussalam di Masjid Baitussalam Toyamas Gambiran Banyuwangi Tahun 2022 meliputi menyepakati jadwal pembelajaran bersama-sama, mempersiapkan kualitas pengajar serta melakukan pembinaan dan menyediakan bahan ajar. 2) Pelaksanaan Metode Qiro’ati dalam Pembelajaran Al-Qur’an pada Wali Murid SDI Baitussalam di Masjid Baitussalam Toyamas Gambiran Banyuwangi Tahun 2022 meliputi kegiatan pembuka yakni salam dari ustadzah, membaca doa sebelum belajar, membaca doa harian, surah pendek dan bacaan sholat secara acak. Kegiatan inti yakni pembelajaran Al-Qur’an secara individual disertai evaluasi. Kegiatan penutup yakni membaca doa sesudah belajar dan salam dari ustadzah. 3) Evaluasi Metode Qiro’ati dalam Pembelajaran Al-Qur’an pada Wali Murid SDI Baitussalam di Masjid Baitussalam Toyamas Gambiran Banyuwangi Tahun 2022 meliputi evaluasi harian dan evaluasi kenaikan jilid/ lembaga.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Kharisma Nur Azizah
Date Deposited: 09 May 2023 09:37
Last Modified: 09 May 2023 09:37
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23263

Actions (login required)

View Item View Item