Pengelolaan Kelas Dalam Pembelajatan Tematik Di Madrasah Ibtidaiyah Roudlotul Huda Sambimulyo Kabupaten Banyuwangi

Aqim Himataka, Liliana (2023) Pengelolaan Kelas Dalam Pembelajatan Tematik Di Madrasah Ibtidaiyah Roudlotul Huda Sambimulyo Kabupaten Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Liliana aqim Himataka_T20184053.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kata Kunci : Pengelolaan kelas, Pembelajaran tematik
Memasuki era industry 4.0 ini, pendidikan di Indonesia menghadapi tantangan besar baik dilihat dari efesiensi manajemen pendidikan maupun optimalisasi sumber daya manusia. Dibutuhkan Pendidikan yang membentuk generasi kreatif, inovatif, dan kompetitif. Dengan demikian tantangan pada era industry 4.0 ini harus ditanggapi dengan bijak oleh para pendidik selaku pemangku kepentingan (stake holders). Oleh karena itu Indonesia harus meningkatkan SDM melalui dunia Pendidikan. Pengelolaan kelas merupakan suatu usaha dalam meningkatkan pendidikan. Dalam pengelolaan kelas guru berperan penting dalam mendayaguna potensi kelas. Dengan adanya pengelolaan kelas yang baik maka penyampaian pembelajaran tematik di dalam kelas dapat tercapai dengan maksimal.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah : (1) Bagaimana pengelolaan kelas bersifat fisik dalam pembelajaran tematik di Madrasah Ibtidaiyah Roudlotul Huda Sambimulyo Kabupaten Banyuwangi ? (2) Bagaimana pengelolaan kelas bersifat nonfisik dalam pembelajaran tematik di Madrasah Ibtidaiyah Roudlotul Huda Sambimulyo Kabupaten Banyuwangi ?.
Tujuan penelitian ini adalah : (1) Mendeskripsikan pengelolaan kelas bersifat fisik dalam pembelajaran tematik di Madrasah Ibtidaiyah Roudlotul Huda Sambimulyo Kabupaten Banyuwangi. (2) Mendeskripsikan pengelolaan kelas bersifat nonfisik dalam pembelajaran tematik di Madrasah Ibtidaiyah Roudlotul Huda Sambimulyo Kabupaten Banyuwangi.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis data model Miles dan Huberman yang terdiri dari kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Lalu keabsahan data yang peneliti gunakan yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan : (1) Dalam pengelolaan kelas yang bersifat fisik dalam pembelajaran tematik di Madrasah Ibtidaiyah Roudlotul Huda Sambimulyo Kabupaten Banyuwangi yaitu guru merubah formasi tempat duduk, mengatur perabotan kelas, dan juga mengatur kelompok di dalam kelas sesuai dengan kemampuan kognitif peserta didik. (2) Dalam pengelolaan kelas yang bersifat nonfisik dalam pembelajaran tematik di Madrasah Ibtidaiyah Roudlotul Huda Sambimulyo Kabupaten Banyuwangi yaitu guru berinteraksi dengan peserta didik dengan membimbing dan memberikan nasehat kepada peserta didik, interaksi peserta didik dengan peserta didik berkerja sama dalam kelompok terjalin dengan baik dan guru juga mengelola kondisi ruang kelas untuk selalu bersih.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Liliana Aqim Himataka
Date Deposited: 09 May 2023 09:32
Last Modified: 09 May 2023 09:32
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23265

Actions (login required)

View Item View Item