Perlindungan Hukum Bagi Konsumen Pengguna E-Toll Card Bank Mandiri Dalam Perspektif Undang-undang Nomer 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen (Studi Kasus di Bank Mandiri Kec Rambipuji Jember)

Hasanah, Lutfiatul (2020) Perlindungan Hukum Bagi Konsumen Pengguna E-Toll Card Bank Mandiri Dalam Perspektif Undang-undang Nomer 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen (Studi Kasus di Bank Mandiri Kec Rambipuji Jember). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Lutfiatul Hasanah_S20152063.pdf

Download (4MB)

Abstract

Perlindungan hukum bagi konsumen merupakan hal yang terpenting dalam menjaga keseimbangan hubungan hukum antara produsen dan konsumen, salah satunya bagi pengguna kartu e-toll. E-toll card berbeda dengan kartu debit atau kartu kredit yang mana kartu e-toll tidak memerlukan data atau otorisasi Personal Indentification Number (PIN). Jika terjadi kehilangan atau pencurian, pengguna etoll card yang bukan pemegang kartu tidak dapat dilacak keberadaannya dan kartu tersebut tidak dapat di blokir. Ketika kartu e-toll tersebut hilang maka hilang juga uang yang ada di dalam kartu tersebut dan pihak bank pun tidak bertanggung jawab dan mengganti uang atas kartu yang hilang tersebut. Dari sinilah timbul permasalahan yang mana ada pihak-pihak yang di rugihkan dan hanya menguntungkan salah satu pihak saja. Adapun fokus masalah ini adalah 1) Bagaimana bentuk perlindungan hukum bagi pengguna e-toll card bank mandiri Kec Rambipuji Jember?. 2) Bagaimana perlindungan hukum bagi konsumen pengguna e-toll card bank mandiri Kec Rambipuji Jember menurut UU No. 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen?. Sedangkan tujuan penelitian yang ingin dicapai adalah bentuk perlindungan hukum bagi pengguna e-toll card bank mandiri Kec Rambipuji Jember dan mendeskripsikan perlindungan hukum bagi konsumen pengguna e-toll card bank mandiri Kec Rambipuji Jember menurut UU No. 8 tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan yuridis empiris yaitu penelitian yang menggambarkan dan menguraikan suatu masalah dengan mengkaji data yang ada Jember kemudian dianalisis berdasarkan UU No. 8 Tahun 19]99 Tentang Perlindungan Konsumen. Dengan jenis penelitian lapangan yang dilakukan di Kabupaten Jember dengan metode pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara, dokumenter. Keabsahan data menggunakan trianggulasi. Berdasarkan hasil penelitian ini adalah 1. Belum ada bentuk perlindungan hukum terhadap konsumen e-toll card karna belum memberikan informasi yang jelas kepada pengguna e-toll card pada saat pembuatan e-toll card baik dari pihak bank maupun pihak indomart, serta tidak adanya pertanggung jawaban ganti rugi terhadap kartu e-toll yang hilang dan rusak kepada konsumen e-toll card. 2.Menurut Undang-undang Perlindungan Konsumen Nomor 8 Tahun 1999 terhadap konsumen pengguna e-toll card bank mandiri Kec Rambipuji Jember telah bertentangan dengan tujuan perlindungan konsumen dan asas-asas perlindungan konsumen.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 09 May 2023 09:09
Last Modified: 09 May 2023 09:09
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23268

Actions (login required)

View Item View Item