Ketahanan Keluarga Pada Pasangan Pernikahan Dini Di Desa Dukuh Mencek Kecamatan Sukorambi

SOLEHAH, FARIDATUS (2023) Ketahanan Keluarga Pada Pasangan Pernikahan Dini Di Desa Dukuh Mencek Kecamatan Sukorambi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Faridatus solehah_D20193034.pdf

Download (1MB)

Abstract

Faridatus Sholihah, 2022: Ketahanan Keluarga Pada Pasangan Pernikahan Dini Di Desa Dukuh Mencek Kecamatan Sukorambi. Skripsi Prodi Bimbingan dan Konseling Islam. Jurusan Pemberdayaan Masyarakat Islam. Fakultas Dakwah UIN KH. Achmad Siddiq Jember. Dosen Pembimbing Dr. Achmad Fathor Rosyid,S.Sos., M.Si
Keluarga secara sederhana adalah suatu unit kesatuan hidup bagi seorang pria dengan seorang wanita sebagai pasangan yang hidup bersama dan diikat oleh suatu perkawinan. Disamping itu keluarga juga bisa terbentuk karena hubungan darah atau adopsi sehingga menjadi satu bentuk kesatuan kehidupan dalam rumah tangga.
Fokus penelitian ini adalah bagaimana ketahanan keluarga pada pasangan pernikahan dini di Desa Dukuh Mencek Kecamatan Sukorambi. Disamping itu juga untuk mengetahui faktor Apa saja yang mempengaruhi ketahanan keluarga pada pasangan pernikahan dini di Desa Dukuh Mencek Kecamatan Sukorambi.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan ketahanan keluarga pada pasangan pernikahan dini dan mendeskripsikan faktor yang mempengaruhi ketahanan keluarga pada pasangan pernikahan dini di Desa Dukuh Mencek Kecamatan Sukorambi Kabupaten Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Sedangkan subjek penelitiannya menggunakan teknik purposif sampling. Adapun teknik pengumpulan datanya mennggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Selain itu untuk menganalisa data penelitian, mengunakan kondensasi data dan penyajian data. Keabsahan data peneliti ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, ketahanan keluarga pada pasangan pernikahan dini di Desa Dukuh Mencek dilihat dari tiga aspek berikut. Pertama, aspek fisik, dimana pada aspek ini kelima pasangan pernikahan dini memenuhi kebutuhan mereka dengan cara bekerja. Kedua, aspek psikologis, dimana dilihat dari cara mereka menanggulangi masalah keluarga dengan cara menenangkan diri terlebih dahulu kemudian secepat mungkin menyelesaikan masalah dengan mencari solusi bersama. Ketiga, aspek ketahanan sosial, dimana kedua pasangan tersebut telah mampu berinteraksi dengan baik dalam lingkungan masyarakat, dapat menerima saran dan masukan dari lingkungan keluarganya.

Kata Kunci: Ketahanan Keluarga, Pasangan, Pernikahan Dini

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160806 Social Theory
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: S.sos Faridatus sholihah
Date Deposited: 09 May 2023 09:39
Last Modified: 09 May 2023 09:39
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23271

Actions (login required)

View Item View Item