Peran Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Dalam Menangkal Radikalisme Agama (Studi Pendapat Beberapa Tokoh Di Jawa Timur)

Ali, M. Irwan Zamroni (2020) Peran Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Dalam Menangkal Radikalisme Agama (Studi Pendapat Beberapa Tokoh Di Jawa Timur). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
M. Irwan Zamroni Ali_S20163010.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pancasila adalah ideologi negara Indonesia, maka nilai-nilai yang terkandung di dalamnya adalah cita-cita dari negara Indonesia. Hanya saja saat ini pergeseran nilai-nilai Pancasila kian dirasakan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, hal tersebut dibuktikan semakin meningkatnya isu radikalisme agama yang mengancam ketahanan ideologi Pancasila. Oleh karena itu, Presiden Joko Widodo melalui Perpres No. 07 Tahun 2018 membentuk lembaga BPIP yang bertugas melakukan pembinaan Ideologi Pancasila. Fokus kajian dalam penelitian ini sebagai berikut: 1) Bagaimana fenomena radikalisme agama di Indonesia perspektif tokoh di Jawa Timur? 2) Bagaimana peran Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) dalam menangkal radikalisme agama perspektif tokoh di Jawa Timur? 3) Bagaimana tantangan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) dalam menangkal radikalisme agama perspektif tokoh di Jawa Timur?. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif, subyek penelitian menggunakan purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Sedangkan validitas data menggunakan triangulasi sumber, adapun analisa data menggunakan model Miles dan Huberman. Adapun hasil dari penelitian ini adalah: 1) Fenomena radikalisme agama di Indonesia masih mengalami perkembangan, ditambah banyak faktor yang mempengaruhi mulai dari pemahaman ajaran agama yang keliru, ketidakadilan politik, sosial dan ekonomi. Radikalisme agama juga dinilai dapat menjadi ancaman bagi keutuhan NKRI. 2) Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) berperan dalam melakukan pembinaan ideologi Pancasila, seperti penyusunan standarisasi pendidikan dan pelatihan, serta memberikan rekomendasi berdasarkan hasil kajian terhadap kebijakan atau regulasi yang bertentangan dengan Pancasila. Dengan itu BPIP sangatlah penting, terutama dalam upaya menangkal radikalisme agama yang umumnya turut mengusung ideologi yang jelas bertentangan dengan Pancasila. 3) Ditemukan banyak tantangan pada BPIP mulai dari kurangnya kepercayaan dari masyarakat, banyaknya kelompok/individu yang anti Pancasila dan instrumen hukum BPIP berupa Perpres yang masih sangat lemah jika dilihat dari hierarki perundangundangan. Kata Kunci: Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Pancasila, Radikalisme Agama.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 09 May 2023 09:10
Last Modified: 09 May 2023 09:10
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23272

Actions (login required)

View Item View Item