PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN PADA PEMBELAJARAN IPS DI MTS AL-AMIN TABANAN BALI.

Annisa Inna, Fadilah (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN PADA PEMBELAJARAN IPS DI MTS AL-AMIN TABANAN BALI. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Annisa Inna Fadilah_T20189075.pdf

Download (9MB)

Abstract

Model pembelajaran CIRC merupakan salah satu model pembelajaran
yang aktif, efektif dan terampil dalam proses pembelajaran. Selain itu model ini
juga dapat membantu meningkatkan pemahaman kepada siswa. Penelitian ini
dilakukan di MTs Al-Amin Tabanan, yang mana proses pembelajarannya
menggunakan model pembelajaran Cooperative Intregated Reading and
Composition (CIRC) kurang maksimal. Dikarenakan ada beberapa hal, seperti:
beberapa siswa terlihat kurang ikut berpartisipasi dalam pembelajaran,
pembelajaran hanya berpusat pada guru saja, dan penggunaan waktu yang kurang
efektif.
Fokus yang dikaji dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana perencanaan
model pembelajaran CIRC dalam meningkatkan pemahaman pada pembelajaran
IPS di MTs Al-Amin Tabanan Bali? 2) Bagaimana pelaksanaan model
pembelajaran CIRC dalam meningkatkan pemahaman pada pembelajaran IPS di
MTs Al-Amin Tabanan Bali? 3) Bagaimana evaluasi model pembelajaran CIRC
dalam meningkatkan pemahaman pada pembelajaran IPS di MTs Al-Amin
Tabanan Bali?
Pendekatan yang diguakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif
dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Penentuan subyek dalam penelitian
ini menggunakan teknik purposive sampling, subyek dari penelitian ini adalah
kepala sekolah, guru IPS, waka kurikulum dan siswa kelas VIII C. Dan Teknik
pengambilan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi.
Analisis data yang digunakan sesuai dengan teori Milles dan Hubermen, yaitu:
kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Keabsahan
data yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Penelitian ini memperoleh hasil sebagai berikut:(1) Perencanaan model
pembelajaran CIRC dalam meningkatkan pemahaman pada pembelajaran IPS di
MTs Al-Amin Tabanan Bali dilakukan dengan membuat rancangan pembelajaran
dan menyiapkan media pembelajaran serta membuat lembar kerja.(2) Pelaksanaan
model pembelajaran CIRC dalam meningkatkan pemahaman pada pembelajaran
IPS di MTs Al-Amin Tabanan Bali dilakukan dengan 3 kegiatan, di antaraya:
kegiatan pendahuluan diawali dengan salam, berdoa, absensi, melakukan
aspersepi, menyampaikan tujuan pembelajaran dan menjelaskan metode
pembelajaran yang akan digunakan. kemudian dilanjutkan dengan kegiatan inti
yang terdiri dari penyampaian materi dari guru, pembagian kelompok, pembagian
wacana/ kliping, berdiskusi, mempresentasikan hasil. Dan yang terakhir kegiatan
penutup yang terdiri dari kegiatan tanya jawab, refleksi, kegiatan tindak lanjut,
membuat kesimpulan, menyampaikan rencana pembelajaran berikutnya dan
diakhiri dengan berdoa dan salam. (3) Evaluasi model pembelajaran CIRC dalam
meningkatkan pemahaman pada pembelajaran IPS di MTs Al-Amin Tabanan Bali
dilakukan dengan melakukan beberapa penilaian, yaitu: penilaian sikap, penilaian
pengetahuan, penilaian keterampilan
Kata kunci: Cooperative Intregated Reading and Composition (CIRC),
pembelajran IPS

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management)
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Annisa Inna Fadilah
Date Deposited: 09 May 2023 09:24
Last Modified: 09 May 2023 09:24
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23273

Actions (login required)

View Item View Item