Implementasi Program Pendalaman Al-Qur'an Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menghafal Al-Qur'an Siswa SMP Darussyafa'ah Genteng Banyuwangi

Vina, Fitriya (2023) Implementasi Program Pendalaman Al-Qur'an Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menghafal Al-Qur'an Siswa SMP Darussyafa'ah Genteng Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Vina Syayidatul Fitriya_T20191025.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kata Kunci: Program, Membaca dan Menghafal, Pendalaman Al-Qur’an
Kemampuan baca tulis Al-Qur’an sangat penting bagi siswa karena dengan hal itu bisa memahami dan mendapatkan pengetahuan baru yang berasal dari Al-Qur’an. Banyak siswa yang belum menguasai bagaimana membaca Al-Qur’an yang baik dan benar. Salah satu faktornya yaitu faktor lingkungan keluarga yang minim akan pengetahuan tentang membaca Al-Qur’an. Oleh karena itu perlunya setiap sekolah menerapkan program membaca Al-Qur’an agar para siswa bisa belajar membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar.
Berdasarkan latar belakang tersebut maka fokus penelitian: (1) Bagaimana implementasi program pendalaman Al-Qur’an kelas pemula dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an SMP Darussyafa’ah Genteng Banyuwangi?, (2) Bagaimana implementasi program pendalaman Al-Qur’an kelas tahsin dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an SMP Darussyafa’ah Genteng Banyuwangi?, (3) Bagaimana implementasi program pendalaman Al-Qur’an kelas pra tahfidz dan tahfidz dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menghafal Al-Qur;an SMP Darussyafa’ah Genteng Banyuwangi?. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mendeskripsikan program pendalaman Al-Qur’an kelas pemula, tahsin, pra tahfidz dan tahfidz dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menghafal Al-Qur’an SMP Darussyafa’ah Genteng Banyuwangi.
Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, penanggung jawab program, tutor dan peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Miles, Huberman dan Saldana yang terdiri dari kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pelaksanaan kelas pemula terdiri dari salam, muhadarah, membaca surat Al-Fatihah, doa pembuka, klasikal, setoran, doa penutup dan salam. Metode yang digunakan yaitu metode Yanbua. Evaluasi terdiri dari evaluasi tengah semester, akhir semester, tes kenaikan kelas. (2) pelaksanaan kelas tahsin terdiri dari salam, muhadarah, membaca surat Al-Fatihah, doa pembuka, klasikal, setoran, doa penutup dan salam. Metode yang digunakan yaitu metode Yanbua. Evaluasi terdiri dari evaluasi tengah semester, akhir semester, tes kenaikan kelas dan peningkatan mutu. (3) pelaksanaan kelas pra tahfidz dan tahfidz terdiri dari salam, muhadarah, membaca surat Al-Fatihah, doa pembuka, klasikal, setoran, doa penutup dan salam. Metode yang digunakan kelas pra tahfidz yaitu metode Yanbua dan kelas tahfidz metode setor. Evaluasi kelas pra tahfidz terdiri dari evaluasi tengah semester, akhir semester, tes kenaikan kelas dan peningkatan mutu sedangkan kelas tahfidz yaitu evaluasi tengah semester, akhir semester, peningkatan mutu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Vina Syayidatul Fitriya
Date Deposited: 09 May 2023 09:46
Last Modified: 09 May 2023 09:46
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23281

Actions (login required)

View Item View Item