Strategi Penetapan Harga Dalam Rangka Penetrasi Pasar Pada Produk Macarina Jember

Amalia, Tiara Firda (2023) Strategi Penetapan Harga Dalam Rangka Penetrasi Pasar Pada Produk Macarina Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Tiara Firda Amalia_E20182285.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Tiara Firda Amalia_E20182285 (1).pdf

Download (3MB)

Abstract

Kata kunci: Strategi Penetapan Harga, Penetrasi Pasar.

Dalam penetapan harga jual terlebih dahulu harus diketahui biaya per unit produk yang dihasilkan. Tanpa mengetahui biaya per unit pokok, harga jual tidak mungkin dapat ditentukan. Oleh karena itu, dalam penetapan harga jual yang harus dilakukan adalah perhitungan biaya per unit produk. CV. Macarindo Berkah Group Jember memiliki strategi untuk menetapkan harga jual per unitnya yang berbeda dari para pesaingnya. Terlihat perbedaan dari segi kemasan, ukuran dan varian rasa yang ditawarkan. Penetapan harga jual dari CV. Macarindo Berkah Group Jember berdasarkan biaya-biaya operasional lainnya dan mengamati kondisi dari para kompetitor. Jadi, perusahaan menetapkan harga jual melihat dari laba yang dihasilkan dan meningkatkan penetrasi pasar supaya penjualan produk Macarina Jember tidak hanya terjadi pada pasar yang sudah ada.
Berdasarkan latar belakang di atas, maka peneliti memfokuskan penelitian dengan lingkup yaitu: 1. Bagaimana strategi penetapan harga jual pada produk Macarina Jember., 2. Bagaimana strategi dalam penetrasi pasar untuk meningkatkan perluasan penjualan pada produk Macarina Jember.
Tujuan penelitian ini adalah 1. Mengetahui strategi penetapan harga jual pada produk Macarina Jember., 2. Mengetahui strategi dalam penetrasi pasar untuk meningkatkan perluasan penjualan pada produk Macarina Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Dalam menentukan informan peneliti menggunakan teknik purposive yaitu teknik untuk menentukan informasi yang berkaitan dengan adanya suatu pertimbangan dan terdapat kesesuaian dengan tujuan yang dicapai. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah 1. Strategi penetapan harga jual pada Macarina Jember menggunakan teori penetapan harga lini (price lining) di mana produk dikelompokkan menyesuaikan dengan ukuran, kemasan, dan harga. 2. Penjualan perluasan produk Macarina Jember menggunakan teori restrukturisasi pasar hal tersebut dilakukan untuk menambah reseller dan distributor baik di Kota Jember atau wilayah luar kota lainnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Tiara Firda Amalia
Date Deposited: 12 May 2023 08:20
Last Modified: 12 May 2023 08:20
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23295

Actions (login required)

View Item View Item