Humanisme Teosentris dalam Konteks Pendidikan Islam

Nurcholida, Siti (2023) Humanisme Teosentris dalam Konteks Pendidikan Islam. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Siti Nurcholida_T20191167.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kata Kunci: Humanisme Teosentris, Pendidikan Islam

Potensi peserta didik saat ini belum dikembangkan secara proporsional dan sistem pendidikan yang ada kurang berorientasi pada pengembangan sumber daya manusia. Oleh karena itu, konsep humanisme teosentris ini menjadi penting dikembangkan dalam pendidikan, utamanya pendidikan Islam.
Hal tersebut dilakukan untuk menghasilkan sebuah sistem pendidikan yang menghargai dan mengembangkan potensi peserta didik sesuai fitrahnya dengan tetap memerhatikan tanggung jawab hablun minallah dan hablun minannas.
Fokus kajian dalam penelitian ini adalah sebagaimana berikut, 1) Bagaimana konsep humanisme teosentris dalam konteks pendidikan Islam? 2) Bagaimana implementasi humanisme teosentris dalam konteks pendidikan Islam?
3) Bagaimana kritik terhadap konsep humanisme teosentris?
Penelitian ini merupakan riset kepustakaan dengan pendekatan filosofis. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dengan analisis data yang digunakan adalah analisis konten.
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Konsep humanisme teosentris dalam konteks pendidikan Islam ditinjau dari aspek ontologi, epistemologi, dan aksiologi. Pada aspek ontologi, humanisme teosentris merupakan sebuah konsep keseimbangan antara peran manusia sebagai hamba Allah Swt dan sebagai wakil yang dipilih Allah Swt di bumi. Gagasan ini perlu dikembangkan sebab keberagamaan masyarakat cenderung menekankan hubungan vertikal dan kesemarakan ritual, potensi peserta didik belum kembangkan secara proporsional, kemandirian peserta didik belum tercapai dan mewabahnya simotom dikotomik. Pada aspek epistemologi, humanisme teosentris bersumber dari peradaban Yunani dan Romawi. Hal yang perlu dikembangkan adalah akal sehat, individualisme, haus ilmu, pendidikan pluralisme, serta keseimbangan reward dan punishment. Terakhir pada aspek aksiologi, konsep humanisme teosentris dalam konteks pendidikan Islam bertujuan untuk menghapuskan sistem dikotomik dan menciptakan sistem pendidikan yang menghargai fitrah manusia sehingga kualitas sumber daya manusia meningkat. (2) Implementasi humanisme teosentris dalam konteks pendidikan Islam terbagi dalam aspek pendidik, aspek metode, aspek peserta didik, aspek materi, serta aspek evaluasi. Pada aspek pendidik, pendidik perlu mencurahkan kasih sayang pada peserta didik. Aspek metode, pendidik perlu memilih metode yang aktif dan dapat mengenal peserta didik lebih baik. Aspek peserta didik, pendidik perlu menanamkan sikap menghormati bertanggung jawab, kritis, tekun, dan sebagainya. Aspek materi, materi yang disajikan perlu membuat peserta didik berpikiran terbuka. Terakhir, evaluasi yang dilakukan harus menyeluruh baik dari segi afektif, kognitif, dan psikomotorik. (3) Kritik terhadap konsep humanisme teosentris adalah perlu memaparkan pentingnya pendidikan sepanjang hayat dan kualitas emosi manusia, serta memaparkan aspek materi lebih rinci.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2202 History and Philosophy of Specific Fields > 220202 History and Philosophy of Education
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2203 Philosophy > 220304 Epistemology
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2203 Philosophy > 220307 Hermeneutic and Critical Theory
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2203 Philosophy > 220315 Philosophy of Religion
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Nurcholida
Date Deposited: 10 May 2023 02:32
Last Modified: 10 May 2023 02:32
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23296

Actions (login required)

View Item View Item