Strategi Kepala Madrasah Dalam Merealisasikan Profil Pelajar Pancasila Di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum Sukodono Luamajang

nisak, khoirotun (2023) Strategi Kepala Madrasah Dalam Merealisasikan Profil Pelajar Pancasila Di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum Sukodono Luamajang. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
KHOIROTUN NISAK _T20193019.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh maraknya degradasi moral yang kerap terjadi saat ini. Problem moral bisa dikatakan sangat wajar mengiringi kehidupan manusia. Hal ini terjadi karena kurangnya pemahaman mereka tentang nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila sehingga tidak sedikit dari mereka yang melakukan perbuatan menyimpang seperti tawuran, bullying, pergaulan bebas, melanggar peraturan sekolah, berani terhadap guru dan lain sebagainya.
Fokus dari penelitian ini yakni: 1) Bagaimana strategi kepala madrasah dalam merealisasikan profil pelajar pancasila di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum Sukodono Lumajang? 2) Apa faktor pendukung dan penghambat strategi kepala madrasah dalam merealisasikan profil pelajar pancasila di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum Sukodono Lumajang?
Tujuan dari penelitian ini yakni : 1) Untuk mendeskripsikan bagaimana strategi kepala madrasah dalam merealisasikan profil pelajar pancasila di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum Sukodono Lumajang. 2) Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat strategi kepala madrasah dalam merealisasikan profil pelajar pancasila di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum Sukodono Lumajang.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif jenis penelitian study kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga metode yakni : observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dan yang terakhir adalah uji keabsahan data yang menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Adapun hasil penelitian ini adalah : 1) strategi kepala madrasah dalam merealisasikan profil pelajar pancasila dengan melakukan pengamatan lingkungan seperti contohnya menyesuaikan visi misi sekolah dengan peraturan mentri pendidikan. Merumuskan strategi dengan cara melakukan rapat dengan seluruh pendidik. Mengimplementasikan strategi dengan cara memberi pengarahan dan mengikutkan pelatihan setiap tenaga pendidik sesuai dengan keahliannya. Evaluasi dengan cara melakukan rapat evaluasi setiap bulan untuk mengetahui perkembangan madrasah.selain itu nilai-nilai pancasila pun sudah diterapkan seperti melakukan pembiasaan sholat duhur berjamaah, pembacaan juz ammah, pembacaan istighotsah, pembacaan rotibul hadad, pembacaan surat yasin, dan pembacaan asmaul husna sebelum pembelajaran dimulai, melakukan upacara bendera setiap hari senin dan saling mengragai sesama teman, kerja bakti disekolah, sadar akan kewajiban mandirinya sebagi siswa dengan mengerjakan soal ujian sendiri, aktif dalam kegiatan berorganisasi, dan mampu berfikir kreatif dalam pembelajaran dengan membuat karya infografis dikelas. 2) faktor pendukung diantaranya kerja sama yang baik anatara kepala madrasah dengan tenaga pendidik, sarana prasaran yang memadai serta partisipasi penuh dari warga madrasah. Sedangkan faktor pengambatnya yaitu latar belakang keluarga dan pengaruh lingkungan diluar madrasah.

Kata Kunci : Strategi Kepala Madrasah, Profil Pelajar Pancasila

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130302 Comparative and Cross-Cultural Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150312 Organisational Planning and Management
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: khoirotun nisak
Date Deposited: 19 May 2023 06:49
Last Modified: 19 May 2023 06:49
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23298

Actions (login required)

View Item View Item