Upaya Lembaga Pemasyarakatan Jember Dalam Menjaga Kestabilan Emosi dan Mental Pada Narapidana Anak

Bhilizqy, Rodlita (2023) Upaya Lembaga Pemasyarakatan Jember Dalam Menjaga Kestabilan Emosi dan Mental Pada Narapidana Anak. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
RODLITA BHILIZQY-D20163041.pdf

Download (3MB)

Abstract

Upaya yang dilakukan oeh lembaga pemasyarakatan Jember dalam menjaga kestabilan emosi dan mental pada narapidana anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya yang dilakukan oleh lembaga pemasyarakatan Jember dalam menjaga kestabilan emosi dan mental terhadap narapidana anak yang akhirnya menghasilkan data jika bentuk upaya dari Lembaga pemasyarakatan jember adalah dengan memberikan sebuah kegiatan pembinaan-pembinaan dari segi rohani dan pendidikan. Sedangkan untuk pembinaan khusus psikologis, di lapas jember tidak tersedia. Untuk faktor ketidakseimbangan emosi dan mental narapidana anak terdiri dari dua faktor yaitu faktor internal dan eksternal
Fokus masalah dalam penelitian ini adalah :1) Upaya apa yang dilakukan oleh lembaga pemasyarakatan Kelas IIA Jember dalam menjaga kestabilan emosi dan mental pada narapidana anak? 2) Faktor apa yang memicu ketidakseimbangan emosi dan mental narapidana anak di Lembaga pemasyarakatan Kelas IIA Jember?
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendekskripsikan upaya yang dilakukan lembaga pemasyarakatan dalam menjaga kestabilan emosi dan mental narapidana anak, serta faktor yang memicu ketidakseimbangan emosi dan mental narapidana anak.
Metode dalam penelitian ini menggunakan penelitian deksriptif. Metode deksriptif yaitu suatu metode penelitian status kelompok manusia, suatu objek, situasi dan kondisi, suatu pemikiran ataupun suatu kelas peristiwa pada masa sekarang. Tujuan dari penelitian deksriptif ini adalah untuk membuat deksripsi dan gambaran secara sistematis, factual, dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat-sifat, serta hubungan antara fenomena yang diselidiki.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk upaya lembaga pemasyarakatan jember dalam menjaga kestabilan emosi dan mental pada narapidana anak dengan berbentuk pembinaan rohani dan pembinaan pendidikan. Pembinaan rohani salah satunya berbentuk pengajian atau kajian-kajian keagamaan, sedangkan pembinaan Pendidikan berupa Pendidikan tartil al-quran. Untuk pembinaan khusus psikologis di lembaga pemasyarakatan sendiri belum tersedia. Sedangkan untuk hal yang dapat menjadi pemicu dari ketidakseimbangan emosi dan mental narapidana anak sendiri lebih umum terjadi saat awal masuk lapas, dan juga bisa terjadi karena beberapa pemikiran negatif yang datang dari pikiran narapidana nya sendiri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170113 Social and Community Psychology
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Rodlita Bhilizqy
Date Deposited: 10 May 2023 02:18
Last Modified: 10 May 2023 02:18
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23299

Actions (login required)

View Item View Item