Pemanfaatan J-SILAKON Dalam Pelayanan Pensiun Di Dinas Pendidikan Kabupaten Jember

Izzuna, Mohammad (2023) Pemanfaatan J-SILAKON Dalam Pelayanan Pensiun Di Dinas Pendidikan Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achamd Siddiq Jember.

[img] Text
Mohammad Izzuna_ T20193057.pdf

Download (7MB)

Abstract

Dinas Pendidikan Kabupaten Jember bagian OPD yang menyelenggarakan pelayanan pensiun bagi Pegawai Negeri Sipil lingkup bidang pendidikan. J-SiLAKON salah satu bentuk implementasi dari konsep e-government, aplikasi dimanfaatkan sebagai pelayanan administrasi kepegawaian dalam pengajuan berkas pensiun secara digital. Adanya aplikasi J-SiLAKON di Dinas Pendidikan Kabupaten Jember untuk dimanfaatkan agar lebih berdayaguna dalam memenuhi kebutuhan administrasi kepegawaian secara digital.
Fokus penelitian: 1) Bagaimana Pemanfaatan J-SiLAKON dalam Pelayanan Pensiun di Dinas Pendidikan Kabupaten Jember? 2) Apa saja Faktor Pendukung dan Penghambat pada Pemanfaatan J-SiLAKON dalam Pelayanan Pensiun di Dinas Pendidikan Kabupaten Jember?
Tujuan dari penelitian: 1) Mendeskripsikan Pemanfaatan J-SiLAKON dalam Pelayanan Pensiun di Dinas Pendidikan Kabupaten Jember, 2) Mendeskripsikan Faktor Pendukung dan Penghambat pada Pemanfaatan J-SiLAKON dalam Pelayanan Pensiun di Dinas Pendidikan Kabupaten Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian field research. Informan yang terlibat dan terpilih berdasarkan penggunaan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data penelitian menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Interaktif Miles dan Huberman meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sementara itu, keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini adalah: 1) Pemanfaatan J-SiLAKON dalam Pelayanan Pensiun di Dinas Pendidikan Kabupaten Jember yakni meliputi Pertama teknologi, pemanfaatan J-SiLAKON berkas administrasi pensiun dilakukan secara digital. Kedua Proses, melengkapi dan mengirimkan berkas ke Dinas Pendidikan kemudian berkas di unggah pada J-SiLAKON. Ketiga Sumber Daya Manusia, pegawai staf yang berkompeten memberikan pelayanan pensiun namun petugas selain pensiun hanya fokus pada tugas masing-masing. Keempat Budaya organisasi, pelayanan yang adaptif, akuntabilitas dan responsibilitas. Kelima Struktur, pelayanan pensiun di Dinas Pendidikan dengan pemanfaatan J-SiLAKON memiliki hubungan kerjasama dengan BKPSDM Kabupaten Jember. 2) Faktor pendukung; pegawai staf yang kompeten, sarana dan prasarana yang menunjang, berkas data sesuai standar, kelengkapan berkas, dan waktu penyelesaian yang efisien dan efektif. Faktor penghambat; tidak terdapat buku petunjuk teknis J-SiLAKON, aplikasi dan internet keadaan tidak stabil, berkas tidak sesuai standar, berkas pribadi pensiun bermasalah, anggapan pelayanan berbayar, minimnya pihak pensiun akan teknologi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 10 TECHNOLOGY > 1005 Communications Technologies > 100599 Communications Technologies not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Mohammad 'Izzuna
Date Deposited: 10 May 2023 02:23
Last Modified: 10 May 2023 02:23
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23300

Actions (login required)

View Item View Item