Pengembangan Media Papan Kantong Pintar Doraemon (PAKPINDO) pada Pembelajaran Tematik Kelas IV MI Darul Hikmah Lumajang

Mawaddah, Alifatul (2023) Pengembangan Media Papan Kantong Pintar Doraemon (PAKPINDO) pada Pembelajaran Tematik Kelas IV MI Darul Hikmah Lumajang. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI ALIFA fix.pdf

Download (2MB)

Abstract

Media Pembelajaran adalah alat yang dapat membantu proses belajar mengajar sehingga pesan yang disampaikan menjadi lebih jelas, penelitian ini akan mengembangkan media pembelajaran yang awalnya berupa media pakapin menjadi media pakpindo.
Fokus penelitian disini membahas 3 rumusan masalah, mulai dari (1) Bagaimana pengembangan media PAKPINDO pada pembelajaran tematik kelas
IV MI Darul Hikmah, (2) Bagaimana Kelayakan Media PAKPINDO dan (3) Bagaimana keefektifan Media PAKPINDO.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1)Pengembangan media PAKPINDO pada pembelajaran tematik kelas IV MI Darul Hikmah,(2)Mengetahui Kelayakan Media PAKPINDO dan (3)Keefektifan Media PAKPINDO.
Untuk mengidentifikasi masalah tersebut, Penelitian ini menggunakan penelitian Reseacrh and Development (R&D) dengan menggunakan model
pengembangan Dick and Carry yaitu ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yang terdiri dari analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek dari penelitian ini peserta didik kelas IV di MI Darul Hikmah Lumajang Tahun
Pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 25 siswa.
Hasil dari penelitian pengembangan yang dilakukan yaitu 1) pengembangan
media PAKPINDO pada pembelajaran tematik kelas IV MI Darul Hikmah yaitu terdiri dari 5 tahapan yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Sehingga yang mulanya berupa media pakapin menjadi pakpindo.
2)Kelayakan media PAKPINDO diketahui setelah melakukan uji validitas oleh 3 validator dengan perolehan rata-rata 93% sehingga media ini dikatakan sangat valid atau layak digunakan. 3)Keefektifan media PAKPINDO diketahui dari hasil nilai peserta didik dan angket respon peserta didik terhadap pengembangan media,
instrumen yang dilakukan mulai dari pretest-postest, pengisian angket, dan N-Gain Score dengan hasil 95% sehingga media ini dikatakan efektif dan layak digunakan.
Kata Kunci: pengembangan, Pembelajaran Tematik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mis Alifatul Mawaddah
Date Deposited: 10 May 2023 02:13
Last Modified: 10 May 2023 02:13
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23303

Actions (login required)

View Item View Item