Pengaruh Struktur Aktiva Dan Profitabilitas Terhadap Struktur Modal Pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi

Sinta, Mailana Laksida (2020) Pengaruh Struktur Aktiva Dan Profitabilitas Terhadap Struktur Modal Pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Mailana Laksida Sinta_E20163015.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pada hakikatnya masalah pendanaan menyangkut keseimbangan keuangan perusahaan, keseimbangan tersebut tercermin antara aktiva dan pasiva. Pemilihan susunan aktiva yang digunakan akan menentukan struktur kekayaan perusahaan. Semakin besar aktiva tetap suatu perusahaan semakin besar peluang untuk memperoleh hutang. Profitabilitas merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi struktur modal dengan kemampuan perusahaan untuk menghasilkan laba dari berbagai aktivitas. Rumusan masalah yang diteliti dalam skripsi ini yaitu (1) apakah struktur aktiva berpengaruh secara signifikan terhadap struktur modal perusahaan? (2) apakah profitabilitas berpengaruh secara signifikan terhadap struktur modal perusahaan? (3) apakah struktur aktiva dan profitabilitas secara simultan berpengaruh signifikan terhadap struktur modal perusahaan? Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk menguji pengaruh signifikan struktur aktiva terhadap struktur modal (2) untuk menguji pengaruh signifikan profitabilitas terhadap struktur modal (3) untuk menguji pengaruh struktur aktiva dan profitabilitas secara simultan terhadap struktur modal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Populasi penelitian yaitu seluruh perusahaan sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di BEI. Sedangkan pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling. Terdapat 40 data sampel dari sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di BEI periode 2016-2019. Alat analisis data berupa, uji asumsi klasik dan analisis regresi linier berganda, uj hipotesis dan uji koefisien determinasi (R2 ) dengan bantuan program SPSS Statistics Versi 22. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa secara parsial variabel Struktur Aktiva tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Struktur Modal. Variabel Struktur aktiva nilai signifikansi 0,563 > 0,05 dan nilai ttabel -0,584 <2,02619. Profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap Struktur Modal karena memiliki nilai signifikansi 0,043 < 0,05 dan nilai ttabel 2,099 > 2,02169. Secara simultan variabel Struktur Aktiva dan Profitabilitas tidak berpengaruh signifikan terhadap Struktur Modal dengan nilai signifikansi 0,124 > 0,05 dan nilai ftabel 2,208 < 3,25. Kata Kunci: Struktur Aktiva, Profitabilitas, Struktur Modal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150299 Banking, Finance and Investment not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 10 May 2023 01:55
Last Modified: 10 May 2023 01:55
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23304

Actions (login required)

View Item View Item