Efektivitas Penggunaan Youtube Live streaming Radio Republik Indonesia Jember sebagai Media Penyiaran Baru.

Hidayah, Luthfil Lailatul (2023) Efektivitas Penggunaan Youtube Live streaming Radio Republik Indonesia Jember sebagai Media Penyiaran Baru. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text
LUTHFIL LAILATUL HIDAYAH - D20181120.pdf

Download (4MB)

Abstract

Berbicara mengenai media baru, tidak lepas dari suatu fenomena di mana media sosial sudah menjadi bagian kehidupan dari generasi milenial saat ini. Penggunaan media baru seperti youtube banyak dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai media komunikasi, informasi, hiburan dan masih banyak lagi. Radio Republik Indonesia Jember merupakan media massa yang memanfaatkan media sosialnya seperti youtube untuk bisa mempermudah masyarakat dalam mendapatkan informasi karena bisa diakses oleh berbagai kalangan.
Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui efek penggunaan youtube live streaming Radio Republik Indonesia Jember ditampilkan (2) Untuk mengetahui Efektivitas penggunaan youtube live streaming Radio Republik Indonesia Jember sebagai media penyiaran baru (3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat penggunaan youtube live streaming Radio Republik Indonesia Jember sebagai media penyiaran baru.
Metode yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang bermaksud memahami fenomena apa yang dialami oleh subjek penelitian. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pada penelitian ini peneliti melakukan wawancara kepada pihak lembaga RRI Jember dan pihak penonton youtube RRI Jember. Kemudian teknis analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan yang merupakan membuat pernyataan atau kesimpulan secara bulat tentang suatu permasalahan yang diteliti dalam bahasa yang deskriptif dan bersifat interaktif.
Berdasarkan kesimpulan yang diperoleh peneliti dari hasil wawancara dengan narasumber sebagai berikut : (1) Efek penggunaan youtube live streaming Radio Republik Indonesia Jember ditampilkan yaitu meliputi efek kognitif, afektif, dan behavioral. Efek-efek tersebut berawal dari para penggunanya dalam mencari informasi yang diinginkan. (2) Efektivitas penggunaan youtube live streaming Radio Republik Indonesia Jember sebagai media penyiaran baru adalah penggunaan yang praktis, jumlah viewers ditentukan oleh topik dan narasumber, penonton luas (global), mengikuti perkembangan zaman, dan kepuasan penonton. (3) Faktor penghambat dan pendukung dalam penggunaan youtube live streaming RRI Jember sebagai media penyiaran baru adalah pada bagian teknis yaitu, pemadaman listrik, gangguan internet, keterlambatan narasumber dan peletakan properti. Untuk faktor pendukung yaitu informasi atau berita yang disajikan selalu terbaru, program acara yang menghadirkan narasumber penting seperti artis artis terkenal atau pejabat negara, pemilihan topik dan narasumber yang sesuai, dan sarana prasarana yang baik.
Kata Kunci: Efektivitas, Live streaming, RRI Jember

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200102 Communication Technology and Digital Media Studies
Depositing User: Luthfil Lailatul Hidayah
Date Deposited: 10 May 2023 02:01
Last Modified: 10 May 2023 02:01
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23308

Actions (login required)

View Item View Item