Manajemen Pembelajaran Kitab Kuning Di Madrasah Diniyah Al-Qodiri Jember. Pembimbing: Ibu Nur Ittihadatul Ummah, S.Sos.I., M.Pd. I

Hasanah, Marfuatun (2021) Manajemen Pembelajaran Kitab Kuning Di Madrasah Diniyah Al-Qodiri Jember. Pembimbing: Ibu Nur Ittihadatul Ummah, S.Sos.I., M.Pd. I. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Marfuatun Hasanah_T20173042.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kata Kunci: Manajemen Pembelajarn Kitab Kuning, Madrasah Diniyah Al-Qodiri Jember Manajemen Pembelajaran Kitab Kuning Madrasah Diniyah proses pengelolaan dan pengaturan kegiatan pembelajaran mulai dari perencanaan, pelaksanaan hingga evaluasi untk mencapai tujuan pendidikan. Dimana Madrasah Diniyah berada di bawah naungan pondok pesantren dengan mengajarkan nilai-nilai keIslaman. Fokus dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran kitab kuning di Madrasah Diniyah Al-Qodiri Jember? 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran kitab kuning di Madrasah Diniyah AlQodiri Jember? 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran kitab kuning di Madrasah Diniyah Al-Qodiri Jember? Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan perencanaan pembelajaran kitab kuning di Madrasah Diniyah Al-Qodiri Jember 2) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran kitab kuning di Madrasah Diniyah Al-Qodiri Jember 3) Mendeskripsikan evaluasi pembelajaran kitab kuning di Madrasah Diniyah Al-Qodiri Jember. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian field research (lapangan). subyek penelitian menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipasi pasif, teknik wawancara semistruktur dan dokumentasi. Analisis data menggunakan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber, dan triangulasi teknik, dan. Hasil penelitian ini yaitu: 1. Perencanaan pembelajaran di Madrasah Diniyah Al-Qodiri Jember menggunakan silabus. Dilakukan melalui 4 langkah, yang pertama perumusan tujuan, menentukan kegiatan belajar mengajar, metode yang digunakan, memilih bahan dan alat untuk proses pembelajaran. 2. Pelaksanaan pembelajaran di Madrasah Diniyah Al-Qodiri Jember meliputi tiga kegiatan yaitu kegiatan pembukaan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. 3. Evaluasi di Madrasah Diniyah Al-Qodiri Jember dilaksanakan dalam bentuk evaluasi input, proses dan lulusan. Teknik evaluasi dalam bentuk tes dan nontes. Evaluasi dalam bentuk input meliputi tes tulis awal ketika siswa akan masuk kelas mana yang layak dengan kemampuannya. Evaluasi dalam bentuk proses meliputi Tanya jawab setiap akhir pembelajaran. Evaluasi dalam bentuk lulusan yaitu melalui akhir semester.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 10 May 2023 01:56
Last Modified: 10 May 2023 01:56
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23311

Actions (login required)

View Item View Item