pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Storytelling Pada Materi Bunyi Kelas VIII Untuk SMP/MTs.

Rohmawati, Maulidatur (2021) pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Storytelling Pada Materi Bunyi Kelas VIII Untuk SMP/MTs. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Maulidatur Rohmawati_T201710031.pdf

Download (10MB)

Abstract

Kata Kunci: Video Animasi, Storytelling, Bunyi. Bunyi merupakan gelombang longitudinal yang merambatkan energi gelombang di udara sampai terdengar oleh reseptor pendengar. Peristiwaperistiwa bunyi banyak kita jumpai dalam kehiupan sehari-hari. Suatu contoh saat kamu mendengar suara klakson mobil maka telinga akan terasa bising Namun saat mendengar suara musik maka telinga kamu tidak terasa bising. Hal seperti ini di kenal dengan peristiwa bunyi. Peristiwa-peristiwa demikan dapat dijawab dengan ilmu sains yang dikemas dalam bentuk video animasi dan juga agar lebih membuat siswa lebih mudah dan tertarik dalam pembelajaran video animasi diiringi dengan cerita yang diangkat dalam peristiwa bunyi dikehidupan seharihari.sehingga memudahkan dalam menyampakan materi terutama dalam materi bunyi. Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui validitas media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Storytelling Pada Materi Bunyi Kelas VIII Untuk SMP/MTs, 2) Untuk mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran Video Animasi Berbasis Storytelling Pada Materi Bunyi Kelas VIII Untuk SMP/MTs. Peneltian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model penelitian pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Instrumen pengumpulan data menggunakan anget validasi dan angket respons siswa. Validasi dilakukan oleh validasi ahli materi, validasi ahli media serta validasi pengguna (guru). Uji respons siswa dilakukan secara dua tahap yaitu uji respons siswa skala kecil yang dilakukan oleh 10 siswa dan uji skala besar yang dilakukan oleh 30 siswa. Berdasarkan hasil validasi para ahli terhadap media pembelajaran video animasi memperoleh kevalidtan materi sebesar 87,69%, kevalidtan media sebesar 84,21% serta kevalidtan pengguna sebesar 94,66%. Sehingga memperoleh presentase rata-rata sebesar 88,83% dalam hal ini media sudah dikatakan sangat valid. Sedangkan uji respons siswa juga menunjukan dalam kategori sangat valid dan layak digunakan oleh peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1902 Film, Television and Digital Media > 190201 Cinema Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 10 May 2023 01:56
Last Modified: 10 May 2023 01:56
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23317

Actions (login required)

View Item View Item