Penggunaan Media Papan Selip (Slot Board) Dalam Meningkatkan Kemampuan Kosakata Peserta Didik Kelas 1 Sekolah Dasar (SD) Plus Al-Qodiri Jember Tahun Pelajaran 2020/2021

Yuva, Maydinda Mj Almara (2021) Penggunaan Media Papan Selip (Slot Board) Dalam Meningkatkan Kemampuan Kosakata Peserta Didik Kelas 1 Sekolah Dasar (SD) Plus Al-Qodiri Jember Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Maydinda MJ Almara Yuva_T20174091.pdf

Download (3MB)

Abstract

Belajar bahasa tidak akan lepas dari belajar kosakata. Peningkatan kosakata adalah kegiatan memahami dan menggunakan kata-kata yang terdapat dalam suatu bahasa. Berdasarkan hasil pengamatan dilapangan, khususnya siswa kelas I di SD Plus Al-Qodiri Jember yang memperlihatkan bahwa penguasaan kosakata siswa masih rendah. Karena dalam melakukan kegiatan pembelajaran guru tidak menggunakan metode dan menyediakan media yang menarik untuk anak, sehingga anak tampak bosan.* Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil prasiklus kosakata bahasa, hanya 4 dari 15 siswa yang berhasil memperoleh nilai minimal 70. Maka dari itu, diperlukan media yang sesuai untuk membantu meningkatkan penguasaan kosakata siswa. Media yang dapat digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia khususnya peningkaan kosakata adalah media yang berisi kartu huruf dan gambar yang dinamai dengan media papan selip (slot board). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Proses Penggunaan Media Papan Selip (Slot Board) dalam meningkatkan Kemampuan Kosakata Peserta Didik Kelas 1 Sekolah Dasar (SD) Plus Al-Qodiri Jember Tahun Pelajaran 2020-2021, dan Cara Pemecahan masalah diatas adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Media Papan Selip (Slot Board) dalam meningkatkan Kemampuan Kosakata Peserta Didik Kelas 1 Sekolah Dasar (SD) Plus Al-Qodiri Jember Tahun Pelajaran 2020-2021, dan Melaksanakan Penggunaan Media Papan Selip (Slot Board) dalam meningkatkan Kemampuan Kosakata Peserta Didik Kelas 1 Sekolah Dasar (SD) Plus Al-Qodiri Jember Tahun Pelajaran 2020- 2021. Adapun tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui Pelaksanaan dan Evaluasi Pembelajaran Media Papan Selip (Slot Board) dalam meningkatkan Kemampuan Kosakata Peserta Didik Kelas 1 Sekolah Dasar (SD) Plus Al-Qodiri Jember Tahun Pelajaran 2020-2021. Metode penelitian yang digunakan pada penelitia ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dikenal dengan sebutan classroom action research yaitu penelitian tindakan yang dilakukan di kelas dengan tujuan memperbaiki/ meningkatkan mutu hal-hal yang pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan adalah, penelitian dilakukan terus menerus hingga nilai siswa naik diatas KKM (70), dan penelitian berhenti di 2 siklus peremuan kedua karna presentase ketuntasan siswa kelas 1 SD Plus Al-Qodiri adalah 86%, jadi penggunakan media papan selip (slot board) ini dapat meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Indonesia pada siswa kelas I SD Plus Al-Qodiri . Peningkatan penguasaan kosakata terlihat dari tercapainya 86% dari jumlah siswa memperoleh nilai di atas KKM 70. Nilai rata-rata hasil belajar secara keseluruhan baik prasiklus tindakan maupun setelah dilakukan tindakan dapat dirinci yaitu pada prasiklus nilai rata-rata siswa 62 dengan presentase ketuntasan 26,67. Dan pada siklus II pertemuan kedua, nilai rata-rata siswa menjadi 81 dengan presentase ketuntasa 86%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 10 May 2023 01:56
Last Modified: 10 May 2023 01:56
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23320

Actions (login required)

View Item View Item