Manajemen penerimaan peserta didik baru kelas bina prestasi dalam meningkatkan kualitas peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Jember

Sa'diyah, Mega Rizky Halimatus (2021) Manajemen penerimaan peserta didik baru kelas bina prestasi dalam meningkatkan kualitas peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Mega Rizky Halimatus Sa’diyah_T20173041.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam suatu lembaga pendidikan sangat diperlukannya manajemen penerimaan peserta didik baru dari tahun ke tahunnya. Hal tersebut dilaksanakan guna untuk meningkatkan kualitas lembaga pendidikan tersebut. Penerimaan peserta didik baru sebagai alat untuk mendapatkan peserta didik yang baik untuk mencapai proses pendidikan yang baik juga. Dengan demikian madrasah akan lebih besar kesempatannya untuk mengeluarkan lulusan yang dapat membawa nama baik madrasah. Fokus dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana perencanaan dalam penerimaan peserta didik baru kelas bina prestasi untuk meningkatkan kualitas peserta didik di MTs Negeri 1 Jember? (2) Bagaimana rekrutmen dalam penerimaan peserta didik baru kelas bina prestasi untuk meningkatkan kualitas peserta didik di MTs Negeri 1 jember? (3) Bagaimana seleksi dalam penerimaan peserta didik baru kelas bina prestasi untuk meningkatkan kualitas peserta didik di MTs Negeri 1 Jember? (4) Bagaimana penerimaan peserta didik baru kelas bina prestasi untuk meningkatkan kualitas peserta didik di MTs Negeri 1 Jember? Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan proses perencanaan dalam penerimaan peserta didik baru kelas bina prestasi untuk meningkatkan kualitas peserta didik di MTs Negeri 1 Jember. (2) Untuk mendeskripsikan proses rekrutmen dalam penerimaan peserta didik baru kelas bina prestasi untuk meningkatkan kualitas peserta didik di MTs Negeri 1 jember. (3) Untuk mendeskripsikan proses seleksi dalam penerimaan peserta didik baru kelas bina prestasi untuk meningkatkan kualitas peserta didik di MTs Negeri 1 Jember. (4) Untuk mendeskripsikan proses penerimaan peserta didik baru kelas bina prestasi untuk meningkatkan kualitas peserta didik di MTs Negeri 1 Jember. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus dengan menggunakan teknik pengumpulan data wawancara semi terstruktur, observasi non partisipan, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan langkah pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini yaitu : (1). Perencanaan penerimaan peserta didik baru yang dilakukan di MTsN 1 Jember yaitu dengan cara membentuk panitia kegiatan PPDB dan kemudian menyusun budgeting atau anggaran sesuai dengan kegiatan PPDB. Menggunakan sensus sebagai sarana untuk mengetahui ukuran MTsN 1 Jember, penentuan jumlah peserta didik sesuai dengan kapasitas kelas, sampai dengan jenis penerimaan peserta didik dengan menggunakan rangkaian kegiatan yang disusun dalam kegiatan rapat. (2) Rekrutmen peserta didik kelas baru bina prestasi dilakukan sebelum dilaksanakannya ujian akhir sekolah berstandar nasional di tingkat SD/MI dengan cara sosialisasi dan membuat banner pengumuman tentang adanya rekrutmen peserta didik baru. (3) Seleksi peserta didik baru kelas bina prestasi dilakukan dalam 2 gelombang, pertama melalui jalur prestasi akademik dan non-akademik, kedua melalui jalur tes tulis dan wawancara, serta tes baca al-qur’an. (4) Penerimaan peserta didik baru kelas bina prestasi di MTs Negeri 1 Jember dengan menggunakan tes akademik dan tes non akademik melalui gelombang pendaftaran yang di bagi menjadi dua gelombang yaitu gelombang 1 yaitu jalur prestasi dan gelombang 2 yaitu dari jalur regular atau jalur tes dengan kriteria peserta didik baru harus lolos tes dan wawancara, serta yang paling penting harus bisa membaca Al-qur’an dan dilaksanakan sesuai dengan prosedur dan jadwal pelaksanaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 10 May 2023 02:11
Last Modified: 10 May 2023 02:11
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23321

Actions (login required)

View Item View Item