Implementasi Penjualan Sukuk Tabungan Menggunakan Akad Wakalah Pada Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Probolinggo.

Nurhidayati, Mia (2020) Implementasi Penjualan Sukuk Tabungan Menggunakan Akad Wakalah Pada Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Probolinggo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Mia Nurhidayati_E20161158.pdf

Download (2MB)

Abstract

Sukuk pada hakikatnya merupakan sertifikat kepemilikan atas suatu aset (proyek riil) yang dapat digunakan dalam skala besar untuk membiayai pembangunan. Sukuk dipandang sebagai alternatif yang lebih baik daripada berutang. Saat ini pemerintah telah menerbitkan beberapa sukuk, salah satu diantaranya yaitu Sukuk Tabungan yang bertujuan untuk mengatasi rendahnya layanan insfrastruktur di Indonesia dan untuk mengurangi meningkatnya utang luar negeri dengan cara medapatkan investor dalam negeri. Sukuk tabungan adalah produk investasi berbasis syariah yang diterbitkan oleh pemerintah melalui perusahaan penerbit Surat Berharga Syariah Negara (SBSN). Dengan demikian, Sukuk Tabungan termasuk instsrumen investasi yang aman secara hukum agama Islam karena bersertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan aman secara hukum negara karena dijamin oleh Undang-Undang (UU). Fokus Penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: a). Bagaimana implementasi penjualan Sukuk Tabungan menggunakan akad Wakalah pada Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Probolinggo, b) Apa saja kendala implementasi penjualan Sukuk Tabungan pada Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu probolinggo? Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengatahui Bagaimana implementasi penjualan Sukuk Tabungan menggunakan akad Wakalah pada Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Probolinggo? Apa saja kendala implementasi penjualan Sukuk Tabungan pada Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu probolinggo? Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan jenis pendekatan Field research, adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk mengetahui hasil penelitian yang berhubungan tentang implementasi penjualan Sukuk Tabungan yang diterapkan untuk menunjukkan penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi penjualan Sukuk Tabungan menggunakan akad Wakalah pada Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Probolinggo sesuai prosedur yang ditetapkan oleh pemerintah dimana penggunaan akad wakalah bukan dari pihak bank dengan nasabah melainkan, perusahaan penerbit sebagai wali amanat investor Sukuk Tabungan yang bekerjasama dalam pengadaan proyek, pemberi sewa, dan penjual BMN. Proses pembelian Sukuk Tabungan dapat dilakukan mandiri secara online oleh nasabah tanpa harus mendatangi pihak bank. Sedangkan Kendala dalam penjualan Sukuk Tabungan yaitu minat nasabah terhadap Sukuk Tabungan masih rendah karena kurangnya tingkat pemahaman nasabah terkait investasi. Kata kunci: Sukuk, Investasi Syariah, Surat Berharga Syariah Negara.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150115 Sharia Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 10 May 2023 02:11
Last Modified: 10 May 2023 02:11
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23323

Actions (login required)

View Item View Item