Penanaman sikap sosial melalui penerapan model pembelajaran Awareness Training pada pembelajaran tematik kelas V di madrasah ibtidaiyah Unggulan Nuris Jember Tahun Pelajaran 2022/2023

Dewita Fitriyatul, Jannah (0009) Penanaman sikap sosial melalui penerapan model pembelajaran Awareness Training pada pembelajaran tematik kelas V di madrasah ibtidaiyah Unggulan Nuris Jember Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
DEWITA FITRIYATUL JANNAH (T20184065).pdf

Download (3MB)

Abstract

Madrasah Ibtidaiyah adalah satuan pendidikan formal dengan 6 tingkat jenjang pendidikan dasar. Banyak problematika yang terjadi di tingkat sekolah dasar terutama dalam proses pembelajaran serta penanaman karakter peserta didik. salah satu usaha madrasah untuk meningkatkan karakter peserta didik dalam pembelajaran adalah dengan penanaman sikap sosial. Salah satu pembelajaran yang diajarkan disekolah dasar adalah pembelajaran tematik. Dalam proses pembelajaran, terdapat berbagai problem yang dihadapi guru yaitu sikap sosial peserta didik. Model awareness training ini adalah salah satu alternatif bagi guru dalam mengajarkan tematik supaya peserta didik tertanamkan sikap karakter sosial yang baik.
Fokus penelitian ini yakni 1) Bagaimana problematika penanaman sikap sosial melalui penerapan model pembelajaran Awareness Training pada pembelajaran tematik kelas V di MI Unggulan Nuris Jember Tahun Pelajaran 2022/2023?. 2) Bagaimana pelaksanaan dalam penanaman sikap sosial melalui penerapan model pembelajaran Awareness Training pada pembelajaran tematik kelas V di MI Unggulan Nuris Jember Tahun Pelajaran 2022/2023?. Bagaimana dampak positif dan negatif dalam penanaman sikap sosial melalui penerapan model pembelajaran Awareness Training pada pembelajaran tematik kelas V di MI Unggulan Nuris Jember Tahun Pelajaran 2022/2023?.
Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif menghasilkan data deskriptif jenis field research. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan meliputi data condensation, data display, dan conclusion drawing/verification. Lalu keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Problematika peserta didik kurang disiplin, dan beberapa ada yang datang terlambat datang ke kelas hal ini dapat diatasi dengan strategi pemberian punishment serta pemberian nasihat. 2) Dalam pelaksanaannya, guru melakukan tahapan a) Perencanaan: guru membuat perangkat pembelajaran (prota, promes, silabus, dan RPP) yang mengacu pada visi-misi sekolah. b) Pelaksanaan: terdiri dari kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. c) Evaluasi: meliputi guru melakukan tanya jawab kepada siswa serta melakukan penilaian terhadap hasil tugas siswa, penilaian sikap, dan penilaian KKM. 3) Dampak positif meliputi; siswa menjadi lebih antusias, aktif, tertib, percaya diri, saling bekerja sama, lebih peduli kepada teman sekelompoknya, serta lebih menghargai teman sebaya dan gurunya. Sedangkan dampak negatifnya meliputi; beberapa siswa di dalam kelas masih ada yang kurang memperhatikan penjelasan guru dan tidak semua topik pembelajaran cocok dengan model pembelajaran awareness training.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1902 Film, Television and Digital Media > 190205 Interactive Media
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dewita Fitriyatul Jannah
Date Deposited: 10 May 2023 08:18
Last Modified: 10 May 2023 08:18
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23325

Actions (login required)

View Item View Item