Implementasi Akad Mudharabah Muthlaqah Dalam Tabungan Investa Cendekia Di PT. Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Probolinggo.

Jannah, Miftahul (2020) Implementasi Akad Mudharabah Muthlaqah Dalam Tabungan Investa Cendekia Di PT. Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Probolinggo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Miftahul Jannah_E20161149.pdf

Download (6MB)

Abstract

Kata kunci: Tabungan Pendidikan, Tabungan Investa Cendekia, Mudharabah Muthlaqah. Kehidupan manusia penuh dengan ketidakpastian dan resiko hingga manusia perlu untuk merencanakan masa depan dengan baik. Salah satu rencana yang dapat dilakukan ialah dengan menabung. Sebagaimana fungsi utama perbankan adalah sebagai penghimpun dana dan penyalur dana masyarakat. PT. Bank Syariah Mandiri sebagai pelapor bank syariah di Indonesia juga ikut menciptakan berbagai jenis program penghimpun dana, salah satunya adalah Tabungan Investa Cendekia. Tabungan Investa Cendekia merupakan tabungan berjangka syariah untuk keperluan uang pendidikan dengan menggunakan akad mudharabah muthlaqah. Tabungan Investa Cendekia hadir untuk perencanaan keuangan masa depan yang dikhususkan untuk biaya pendidikan yang dilengkapi dengan perlindungan asuransi secara otomatis. Berdasarkan latar belakang di atas, fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1. Bagaimana implemenasi akad mudharabah muthlaqah pada Tabungan Investa Cendekia di PT. Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Probolinggo?, 2. Bagaimana kesesuaian praktik Tabungan Investa Cendekia di PT. Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Probolinggo dengan Fatwa DSN-MUI No.02/DSN-MUI/IV/2000? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui implementasi akad mudharabah muthlaqah pada produk Tabungan Investa Cendekia di PT. Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Probolinggo. 2) Untuk mengetahui kesesuaian praktik Tabungan Investa Cendekia di PT. Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Probolinggo dengan Fatwa DSN-MUI No.02/DSNMUI/IV/2000 Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian field research. Dalam menentukan informan peneliti menggunakan teknik purposive yaitu sebagai pertimbangan dalam pemilihan informan yang dianggap mengetahui informasi terkait yang akan diteliti, dalam hal ini terkait dengan informasi Tabungan Investa Cendekia. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan tiga analisa yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun keabsahan data peneliti menggunakan teknik trianggulasi sumber.Hasil penelitian ini adalah: 1) Implementasi akad mudharabah muthlaqah dalam Tabungan Investa Cendekia di PT. Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Probolinggo yaitu nasabah bertindak sebagai shahibul maal dan Bank Syariah Mandiri bertindak sebagai mudharib, nasabah menyerahkan kuasa penuh atas dananya untuk dikelola oleh Bank. Dalam pengelolaan dana nasabah digunakan untuk pembiayaan, bagi hasil, dan investasi-investasi syariah. 2) Praktik Tabungan Investa Cendekia di PT. Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Probolinggo telah sesuai dengan Fatwa DSN-MUI No.02/DSN-MUI/IV/2000. Dalam praktik Tabungan Investa Cendekia yang dijadikan sebagai dasar ialah prinsip mudharabah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150115 Sharia Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 10 May 2023 02:27
Last Modified: 10 May 2023 02:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23328

Actions (login required)

View Item View Item