Pembelajaran Kitab AkhlᾹq Lil BanῙn Di Smp Plus Darus Sholah Jember.

Jannah, Miftakhul (2020) Pembelajaran Kitab AkhlᾹq Lil BanῙn Di Smp Plus Darus Sholah Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Miftakhul Jannah_084 141 397.pdf

Download (11MB)

Abstract

Pembelajaran kitab AkhlᾹq Lil BanῙn merupakan pembelajaran yang menerangkan Akhlaq sehari-hari. Kitab AkhlᾹq Lil BanῙn dapat dipelajari mulai dari usia 6 tahun sampai tua. Isi kitab AkhlᾹq Lil BanῙn mudah dipahami sehingga mempermudah siswa untuk menerima dan menerapkan apa yang disampaikan oleh guru. pembelajaran kitab AkhlᾹq Lil BanῙn saat ini tidak lagi berfokus pada guru siswa juga lebih aktif dalam artian lebih terampil dalam berkomunikasi dan kolaborasi pada saat pembelajaran berlangsung. fokus penelitian adalah: (1) bagaimana persiapan pembelajaran kitab AkhlᾹq Lil BanῙn di SMP Plus Darus Sholah Jember? (2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran kitab AkhlᾹq Lil BanῙn di SMP Plus Darus Sholah Jember? (3) Bagaimana penilaian pembelajaran kitab AkhlᾹq Lil BanῙn di SMP Plus Darus Sholah Jember? Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan (1) persiapan pembelajaran kitab AkhlᾹq Lil BanῙn di SMP Plus Darus Sholah Jember, (2) pelaksanaan pembelajaran kitab AkhlᾹq Lil BanῙn di SMP Plus Darus Sholah Jember, (3) Penilaian pembelajaran kitab AkhlᾹq Lil BanῙn di SMP Plus Darus Sholah Jember. Pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Subjek penelitian ditentukan berdasarkan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara semi terstruktur, observasi non partisipan, dan dokumentasi primer dan sekunder. Analisis data menggunakan model interaktif Miles Hubberman yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Adapun hasil penelitian ini adalah: (1)Persiapan pembelajaran kitab AkhlᾹq Lil BanῙn di SMP Plus Darus Sholah Jember. Pada bab sopan santun terhadap gurunya (استاذ مع لتلميذ ا اداب (Tahapan 1: guru memberikan salam, menanyakan kabar, dan menanyakan materi pembelajaran yang sebelumnya. (2)Pelaksanaan pembelajaran kitab AkhlᾹq Lil BanῙn di SMP Plus Darus Sholah Jember. Guru menjelaskan Pada bab sopan santun terhadap gurunya (استاذ مع لتلميذ ا اداب( Tahapan 2: sebelum memulai bab baru siswa membaca terlebih dahulu bab yang akan dibahas selama lima menit, kemudian siswa menanyakan jika ada yang tidak paham. Setelah itu guru menjelaskan materi tersebut. Guru menggunakan metode ceramah, hafalan, diskusi kelompok. (3)Penilaian pembelajaran kitab AkhlᾹq Lil BanῙn di SMP Plus Darus Sholah Jember. Pada bab sopan santun terhadap gurunya (استاذ مع لتلميذ ا اداب (Tahapan 3: guru mengajukan pertanyaan pada materi yang dibahas, memberikan tugas siswa menghafalkan hadits yang berkaitan dengan materi tersebut, memberikan tugas kelompok, mengajukan pertanyaan pada materi yang dibahas, memberikan tugas siswa mencotohkan bab yang dibahas, dan tugas. mengaplikasikan materi pada kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 10 May 2023 04:21
Last Modified: 10 May 2023 04:21
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23333

Actions (login required)

View Item View Item