Pengaruh Persepsi Matematika terhadap Pemahaman Konsep Bangun Datar Segiempat Siswa Kelas VII di SMP Plus Darus Sholah Jember Tahun Pelajaran 2019/2020.

Ni'mah, Mila Awaliatun (2020) Pengaruh Persepsi Matematika terhadap Pemahaman Konsep Bangun Datar Segiempat Siswa Kelas VII di SMP Plus Darus Sholah Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Mila Awaliatun Ni’mah_T20167022.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kata Kunci: Persepsi Matematika, Pemahaman Konsep, Bangun Datar Segiempat Persepsi matematika merupakan faktor penting dalam pencapaian hasil belajar matematika siswa, sedangkan pemahaman konsep adalah salah satu kecakapan matematis yang harus dikuasai dalam pembelajaran matematika, kemampuan untuk memahami konsep-konsep dalam matematika merupakan hal yang diperlukan dalam belajar matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Persepsi Matematika terhadap Pemahaman Konsep Bangun Datar Segiempat Siswa Kelas VII di SMP Plus Darus Sholah Jember Tahun Pelajaran 2019/2020 Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif kuantitatif. Menggunakan teknik probability sampling yaitu cluster random sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Plus Darus Sholah tahun pelajaran 2019/2020 yang terbagi menjadi 8 kelas dengan jumlah 265 siswa, sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII G dengan jumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik non tes yaitu angket untuk mengetahui persepsi siswa, dan teknik tes yaitu soal uraian sebanyak 6 butir soal untuk mengetahui pemahaman konsep matematika siswa. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik inferensial yaitu regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: thitung = 0,376 < ttabel = 2,048 dengan sig 0,710 > 0,05, sehingga H0diterima dan Haditolak. Dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh signifikan pada persepsi matematika terhadap pemahaman konsep bangun datar segiempat siswa kelas VII di SMP Plus Darus Sholah Jember tahun pelajaran 2019/2020. Jadi apabila persepsi siswa terhadap matematika itu baik maka belum tentu kemampuan pemahaman konsepnya akan tinggi, sebaliknya jika persepsi siswa terhadap matematika itu jelek maka belum tentu kemampuan pemahaman konsepnya juga rendah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 10 May 2023 04:21
Last Modified: 10 May 2023 04:21
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23334

Actions (login required)

View Item View Item