Penggunaan Media Power Point Dalam Pelajaran Tematik Siswa Kelas V Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri I Jember Tahun Pelajaran 2019/2020.

Misnawi, Moh (2021) Penggunaan Media Power Point Dalam Pelajaran Tematik Siswa Kelas V Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri I Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Moh Misnawi_T20154023.pdf

Download (5MB)

Abstract

Media power point sangatlah penting digunakan dalam proses belajar mengajar terutama pada mata pelajaran Tematik. Dari hasil observasi terdapat problem di kelas V MIN I Jember seperti siswa ramai di kelas, siswa masih rendah dalam dalam kognitifnya, siswa merasa malas dengan pembelajaran atau kegiatan belajar yang sedang berlangsung sehingga mengakibatkan siswa kurang mampu memahami apa yang disampaikan oleh guru dan dapat bepengaruh kepada kemampuan siswa. Untuk mengatasi problem tersebut maka perlu Penggunaan media power point pada mata Pelajaran Tematik. Fokus penelitian ini terdiri dari tiga hal, yaitu : (1) Bagaimana Prosedur Penggunaan Media Power Point Dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri I Jember Tahun Pelajaran 2019/2020 ? (2) Bagaimana pelaksanaan Penggunaan Media Power Point Dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri I Jember Tahun Pelajaran 2019/2020 ? (3) Bagaimana Dampak Penggunaan Media Power Point Dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri I Jember Tahun Pelajaran 2019/2020 ? Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Penentu subjek penelitian menggunakan teknik purposive. Sementara pengumpulan data menggunakan tiga teknik, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya untuk analisis data, penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif model interaktif. Adapun untuk menguji keabsahan, peneliti menggunakan uji kredibilitas dengan melakukan triangulasi sumber, dan triangulasi teknik. Penelitian ini menghasilkan (1) dalam prosedur penggunaan media power point guru menyiapkan materi terlebih dahulu yang menarik dan menyenangkan bagi siswa, kemudian guru menyusun RPP untuk memastikan jalannya pembelajaran, ini sudah dainggap sangat membantu ketika proses belajar mengajar. Dalam penggunaan media ini biasanya siswa merasa senang dan lebih aktif, guru hanya perlu menampilkan materi slide-slide yang sudah dibuat sebelumnya dengan ditambah beberapa penjelasan. (2) Pelaksanaan media power point dalam pembelajaran, pada kegiantan pembuka guru mengajak sisiwa untuk menyanyikan lagu nasional, pada kegiatan inti guru menampilkan slide materi dengan beberapa penjelasan dan pada kegiatan akhir guru memberikan beberapa soal yang sudah disiapkan didalam media power point, ada beberapa soal yang langsung ditanyakan kepada beberapa siswa untuk mengetahui pemahaman siswa pada materi saat itu. (3) Dampak penggunaan media power point dalam pembeljaran tematik dapat menigkatkan minat belajar siswa dan juga mempermudah guru untuk jelaskan materi pembelajaran . Kata kunci : media power point, Tematik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 10 May 2023 04:17
Last Modified: 10 May 2023 04:17
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23348

Actions (login required)

View Item View Item