Dakwah Ustadz Mohammad Zaeni Melalui Media Pengobatan Alternatif Sebagai Media Dakwah

Eka Pratama, Wahyu (2023) Dakwah Ustadz Mohammad Zaeni Melalui Media Pengobatan Alternatif Sebagai Media Dakwah. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Wahyu Eka Pratama_D20191082.pdf

Download (2MB)

Abstract

Wahyu Eka Pratama, 2023: Dakwah Ustadz Mohammad Zaeni Melalui Media
Pengobatan Alternatif Sebagai Media Dakwah.
Kata Kunci: Ustadz Mohammad Zaeni, Media Dakwah
Kegiatan dakwah dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai macam media dakwah. Media dakwah sendiri sebagai alat sarana dalam penyampaian materi dakwah kepada penerima dakwah. Pemilihan media dakwah saat ini umumnya dapat dilakukan dengan cara modern melalui media digital maupun sesuai dengan perkembangan zaman. Adapun itu, pemilihan media dakwah yang dilakukan Ustadz Mohammad Zaeni secara tradisional melalui pengobatan alternatif sebagai pilihan media dakwahnya. Sehingga apa yang melatari Ustadz Mohammad Zaeni menggunakan media pengobatan alternatif sebagai media dakwah tersebut.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Apa yang melandasi Ustadz Mohammad Zaeni menggunakan media pengobatan alternatif sebagai media dakwah? 2) Bagaimana proses penerapan media pengobatan alternatif sebagai media dakwah yang dilakukan oleh Ustadz Mohammad Zaeni? 3) Bagaimana implikasi media pengobatan alternatif sebagai media dakwah yang diterima oleh pasien?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui landasan Ustadz Mohammad Zaeni menggunakan media pengobatan alternatif sebagai media dakwahya. 2) Untuk mengetahui proses penerapan media pengobatan alternatif sebagai media dakwah yang dilakukan oleh Ustadz Mohammad Zaeni. 3) Untuk mengetahui implikasi media pengobatan alternatif sebagai media dakwah yang diterima oleh pasien.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi terus terang, wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Kemudian dalam teknik analisis data penelitian ini menggunakan teknik purposive dengan maksud pengambilan sumber data dengan pertimbangan tertentu dalam penggunaan pengobatan alternatif sebagai media dakwah Ustadz Mohammad Zaeni.
Simpulan dari hasil penelitian ini bahwa 1) Dakwah sebagai panggilan ketuhanan dan kemanusian yang dilakukan Ustadz Mohammad Zaeni melalui pengobatan alternatif guna mendorong perubahan manusia yang lebih baik. 2) Penggunaan pengobatan alternatif sebagai media proses dalam penyampaian pesan dakwah Ustadz Mohammad Zaeni menjadi pilihannya. Pemilihan media dakwah tersebut sebagai bentuk interaksi guna mengingatkan dan menguatkan keimanan mad’u terhadap perintah dan larangan Allah SWT. 3) Dampak yang dirasakan oleh pasien setelah menerima pengobatan alternatif terbagi menjadi 3 yaitu dari segi kognitif, afektif, dan behavioral. Kognitif meliputi perubahan pengetahuan dan kepercayaan, afektif meliputi perubahan emosi dan sikap, serta behavioral meliputi perubahan perilaku dan tindakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200102 Communication Technology and Digital Media Studies
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2099 Other Language, Communication and Culture > 209999 Language, Communication and Culture not elsewhere classified
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Depositing User: Mr. Wahyu Eka Pratama
Date Deposited: 10 May 2023 08:08
Last Modified: 10 May 2023 08:08
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23353

Actions (login required)

View Item View Item