KONSEP MAHAR DALAM AL-QUR’AN (PERSPEKTIF QIRĀ’AH MUBĀDALAH)

Soleha Safitri, Aida Amaliatus (2023) KONSEP MAHAR DALAM AL-QUR’AN (PERSPEKTIF QIRĀ’AH MUBĀDALAH). Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Aida - WATERMAK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Al-Qur’an sudah menjelaskan mengenai bagaimana hakikat mahar itu sendiri, yakni mahar merupakan kewajiban suami dalam memberikannya serta akan menjadi hak mutlak bagi istri. Sebagian kalangan masyarakat awam berasumsi bahwa, besarnya nilai mahar yang diberikan akan mempengaruhi derajat seorang wanita. Sehingga memberikan potensi kepada seorang laki-laki untuk melakukan poligami maupun tindakan hegemoni kepada istrinya dengan alasan pemberian mahar yang cukup tinggi. Dengan begitu, perlu adanya interpretasi terhadap konsep mahar dengan menggunakan metode qirā’ah mubādalah.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (Library Reseacrh) dengan menggunakan metode deskriptif-analitif dan tematik (maudhu’i). Dalam sebuah penelitian, bisa mengambil data dari berbagai sumber. Sumber-sumber tersebut terdiri dari sumber data sekunder dan sumber data primer. Sumber data primer dari penelitian ini adalah kitab tafsir al-Qur’an. Sedangkan sumber data sekunder dari penelitian ini berasal dari jurnal, buku, artikel yang berkaitan dengan tema yang diangkat.
Hasil temuan dari penelitian ini adalah bahwa konteks penilaian dari adanya pemberian mahar bukan ada pada besar kecilnya mahar yang diberikan yang akan menjadi penyebab seorang suami memiliki kuasa sepenuhnya atas istri. Melainkan sebagai penguat relasi antara suami dan istri, sehingga harus dipastikan bahwa keduanya memperoleh kebaikan serta manfaat dalam hubungan pernikahan.
Kata Kunci: Mahar, al-Qur’an, Qirā’ah Mubādalah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1699 Other Studies in Human Society > 169901 Gender Specific Studies
Depositing User: Mrs Aida Amaliatus
Date Deposited: 11 May 2023 09:02
Last Modified: 11 May 2023 09:02
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23355

Actions (login required)

View Item View Item