Efektivitas Pelatihan Kader Ansor dalam Meningkatkan Kualitas Dakwah Islam kepada Pemuda Gerakan Pemuda Ansor Di Desa Sidorejo Kecamatan Purwoharjo Kabupaten Banyuwangi Tahun 2021.

Albab, Moh Ulil (2021) Efektivitas Pelatihan Kader Ansor dalam Meningkatkan Kualitas Dakwah Islam kepada Pemuda Gerakan Pemuda Ansor Di Desa Sidorejo Kecamatan Purwoharjo Kabupaten Banyuwangi Tahun 2021. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Moh Ulil Albab_D20174020.pdf

Download (8MB)

Abstract

Gerakan Pemuda Ansor organisasi kepemudaan yang berinduk kepada Nahdlatul Ulama, Selain sebagai salah satu organisasi yang usianya paling tua diantara organisasi kepemudaan yang ada di Indonesia, organisasi ini memiliki basis di daerah pedesaan. Karena usia tuanya dan basis dukungannya di desa-desa, organisasi ini sesungguhnya tumbuh dan berkembang dengan akar kerakyatan yang kental. Gerakan Pemuda Ansor merupakan sumber daya manusia yang potensial, oleh karena itu harus memiliki kualitas yang baik karena diharapkan dapat menjadi kekuatan yang efektif untuk mempercepat proses pembangunan menuju ke arah tercapainya tujuan mulia yakni kemenangan dan kejayaan Islam masa kini dan masa yang akan datang. Gerakan pemuda Ansor Desa Sidorejo memiliki kualitas yang baik dalam meningkatkan kualitas Dakwah kader-kadernya, menarik untuk diteliti dengan Fokus penelitian sebagai berikut : 1). Bagaimana strategi pelatihan kader Ansor pemuda Ansor di Desa Sidorejo Kecamatan Purwoharjo Kabupaten Banyuwangi ? 2). Bagaimana efektivitas pelatihan kader Ansor dalam meningkatkan kualitas dakwah pemuda Ansor desa Sidorejo Kecamatan Purwoharjo Kabupaten Banyuwangi ? Tujuan dalam penelitian ini yaitu : 1). Untuk mendeskripsikan strategi pelatihan kader Ansor pemuda Ansor di Desa Sidorejo Kecamatan Purwoharjo Kabupaten Banyuwangi. 2). Untuk mendeskripsikan efektivitas pelatihan kader Ansor dalam meningkatkan kualitas dakwah pemuda Ansor desa Sidorejo Kecamatan Purwoharjo Kabupaten Banyuwangi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif analitis, Subyek penelitian yaitu pemuda Ansor Desa Sidorejo, metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi sedangkan analisis data yang digunakan analisis data deskriptif. Untuk menguji keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi wawancara. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Strategi Pelatihan Kader Ansor Gerakan Pemuda Ansor di Desa Sidorejo Kecamatan Purwoharjo Kabupaten Banyuwangi sebagai berikut: 1). Pendekatan. 2). Pembentukan organisasi. 3). Pemilihan ketua. 4). Perencanaan kegiatan-kegiatan. Sedangkan untuk mencapai keefektivitasan kegiatan ini dalam meningkatkan kualitas dakwah kader pemuda Ansor ialah ada beberapa syarat yang menjadi tolok ukur ketua Gerakan Pemuda Ansor Desa Sidorejo ini yaitu : 1). Ekonomis dalam melaksanakan sebuah kegiatan. 2). Pencapaian sebuah tujuan dari kegiatan. 3). Kepuasan melaksanakan kegiatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 10 May 2023 07:08
Last Modified: 10 May 2023 07:08
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23362

Actions (login required)

View Item View Item