Pembelajaran Al-Qur’an di SMP 06 Diponegoro Wuluhan Jember Tahun Ajaran 2020/2021.

Fuadzi, Moh Rifqi (2021) Pembelajaran Al-Qur’an di SMP 06 Diponegoro Wuluhan Jember Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Moh. Rifqi Fuadzi_084141200.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kata Kunci: Pembelajaran, Al-qur’an Pendidikan merupakan bagian yang integral dalam pembangunan bertujuan untuk menyiapkan peserta didik menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab sesuai dengan UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Pendidikan keagamaan juga penting dipelajari oleh peserta didik oleh karena itu pembelajaran Al-qur‟an sangat penting dilakukan untuk menambah pemahaman peserta didik melalui Al-qur‟an. Salah satu sekolah yang melaksanakan pembelajaran Al-qur‟an adalah SMP 06 Diponegoro Wuluhan. sebagai sekolah yang berbasiskan yayasan pesantren oleh karena itu SMP 06 Diponegoro wuluhan harus mampu menghasilkan peserta didik yang tidak hanya unggul dalam bidang formal, namun juga unggul dalam bidang keagamaan. Berdasarkan latar belakang tersebut fokus penelitian dalam penelitian ini antara lain sebagai berikut: 1). Bagaimana Pelaksanaan Pembelajaran Al-qur‟an di SMP 06 Diponegoro Wuluhan Tahun Ajaran 2020/2021?; 2). Bagaimana Evaluasi Hasil Pembelajaran Al-qur‟an di SMP 06 Diponegoro Wuluhan Tahun Ajaran 2020/2021?. Tujuan penelitian ini adalah: 1). Untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran Al-qur‟an di SMP 06 Diponegoro Wuluhan; 2). Untuk mengetahui evaluasi hasil pembelajaran Al-qur‟an di SMP 06 Diponegoro Wuluhan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dengan subjek penelitian menggunakan purposive dan metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penarikan kesmipulan dan penyajian data. Untuk menguji keabsahan data, peneliti menggunakan triagulasi sumber. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini sebagai berikut: 1). Pembelajaran al-qur‟an yang dilaksanakan di SMP 06 Diponegoro Wuluhan adalah menulis lafadz Al-quran dan membaca Al-qur‟an untuk kelas VII, mempelajari ilmu tajwid dan membaca Al-qur‟an sesuai tajwid untuk kelas VIII , penghafalan AL-qur‟an khusus juz 30 untuk kelas IX A; 2). Evaluasi hasil pembelajaran Al-qur‟an yang dilaksanakan di SMP 06 Diponegoro Wuluhan adalah ujian tertulis untuk kelas VII menulis lafadz Al-qur‟an dan untuk kelas VIII menjawab soal tentang ilmu tajwid, ujian lisan berupa ujian membaca Alqur‟an sesuai ilmu tajwid untuk kelas VIII dan ujian penghafalan Al-qur‟an untuk kelas IX, ujian tanya jawab berupa menjawab pertanyaan hukum tajwid untuk kelas VIII.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 10 May 2023 07:07
Last Modified: 10 May 2023 07:07
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23371

Actions (login required)

View Item View Item