Rosadi, Mohammad Alif Fatoni (2021) Penerapan Metode Role Playing Pada Pembelajaran IPS SMP Al Ishaqi Bangsalsari Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Mohammad Alif Fatoni Rosadi_T20169022.pdf Download (4MB) |
Abstract
Kata Kunci: Metode role playing, pembelajaran IPS. Metode role playing adalah suatu metode yang dapat melahirkan interaksi yang aktif antara guru dengan siswa atau siswa dengan siswa lain yang saling berinteraksi. Metode ini memiliki kedudukan yang cukup signifikan untuk menciptakan suasana belajar yang efektif dan menyenangkan, khususnya pada pembelajaran IPS. Metode ini efektif diterapkan pada pembelajaran IPS karena berhubungan dengan interaksi sosial manusia dimana manusia merupakan makhluk sosial yang artinya setiap manusia memiliki dorongan untuk berhubungan (interaksi) atau bersosialisasi dengan orang lain. Fokus penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana perencanaan metode role playing pada pembelajaran IPS di SMP Al Ishaqi Bangsalsari Tahun Pelajaran 2020/2021?, 2) Bagaimana pelaksanaan metode role playing pada pembelajaran IPS di SMP Al Ishaqi Bangsalsari Tahun Pelajaran 2020/2021?, 3) Bagaimana evaluasi metode role playing pada pembelajaran IPS di SMP Al Ishaqi Bangsalsari Tahun Pelajaran 2020/2021? Tujuan penelitian ini yaitu 1) mendeskripsikan perencanaan metode role playing pada pembelajaran IPS di SMP Al Ishaqi Bangsalsari Tahun Pelajaran 2020/2021, 2) Pelaksanaan metode role playing pada pembelajaran IPS di SMP Al Ishaqi Bangsalsari Tahun Pelajaran 2020/2021, 3) Evaluasi metode role playing pada pembelajaran IPS di SMP Al Ishaqi Bangsalsari Tahun Pelajaran 2020/2021. Guna mencapai tujuan tersebut, peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini ialah analisis kualitatif model Miles dan Huberman. Keabsahan data yang diperoleh, peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini yaitu: 1) Perencanaan metode role playing pada pembelajaran IPS di SMP Al Ishaqi yaitu melalui kegiatan menyusun RPP, tema cerita, menyusun skenario, pemilihan tokoh, mengatur tempat, menyiapkan media, dan LKS. 2) Pelaksanaan metode role playing pada pembelajaran IPS di SMP Al Ishaqi yaitu menata kelas, menyiapkan tokoh, tokoh memakai media, dan memerankan kegiatan tersebut sesuai dengan teks cerita yang telah disiapkan. 3) Evaluasi metode role playing pada pembelajaran IPS di SMP Al Ishaqi yaitu keberhasilan penerapan metode role playing manakala siswa mampu memahami konsep materi interaksi sosial dan bagaimana siswa berhasil memerankan cerita tersebut.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Ms Retno Amelia |
Date Deposited: | 10 May 2023 07:31 |
Last Modified: | 10 May 2023 07:31 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23378 |
Actions (login required)
View Item |