Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Peserta Didik di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Mlokorejo Puger Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2022/2023

Istiqomah, Nurul (2023) Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Peserta Didik di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Mlokorejo Puger Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
NURUL ISTIQOMAH_T20183097.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Nurul Istiqomah, 2022: Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Peserta Didik di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Mlokorejo Puger Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2022/2023.
Kata Kunci: Kepemimpinan, Kepala Madrasah, Literasi.
Perkembangan arus globalisasi saat ini menunut semua bidang kehidupan khususnya dalam penyelenggaraan pendidikan untuk menyesuaikan dengan tujuan yang telah ditentukan. Kebanyakan peserta didik kurang menyadari bahwa pengetahuan dan kesadaran akan manfaat membaca, sehingga menganggap membaca buku adalah kegiatan yang membosankan. Padahal seorang dapat memiliki pengetahuan salah satunya dari minat membaca. Oleh karena itu, literasi peserta didik ini harus dapat dilaksanakan dengan baik dan menjadi pembiasaan di dunia pendidikan.
Berdasarkan latar belakang tersebut maka fokus dalam penelitian ini ialah: 1) Bagaimana kepemimpinan kepala madrasah sebagai manager dalam meningkatkan kemampuan peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Mlokorejo Puger Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2022/2023? 2) Bagaimana kepemimpinan kepala madrasah sebagai leader dalam meningkatkan kemampuan peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Mlokorejo Puger Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2022/2023? Tujuan penelitian ini ialah:1) Mendeskripsikan kepemimpinan kepala madrasah sebagai manager dalam meningkatkan kemampuan literasi peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Mlokorejo 2) Mendeskripsikan kepemimpinan kepala madrasah sebagai leader dalam meningkatkan kemampuan literasi peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Mlokorejo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus. Teknik penentuan subjek penelitian dengan purposive. Teknik pengumpulan datanya yang digunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan deskriptif kualitatif dengan model Miles, Hubermen, dan Saldana yaitu kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Uji keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) kepemimpinan kepala madrasah sebagai Manager dalam meningkatkan kemampuan literasi peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Mlokorejo adalah meningkatkan kualitas literasi peserta didik di madrasah yaitu perencanaannya dengan Kepala Madrasah mengintruksikan guru dalam kegiatan literasi mengajarkan, mendidik, dan bertindak misalnya membaca di kelas bergantian. Pelaksanaan yaitu Kepala Madrasah memantau kegiatan literasi yang dilaksanakan. Dan mengevaluasi berjalannya kegiatan literasi agar dapat melihat kemampuan siswa. 2) kepemimpinan kepala madrasah sebagai leader dalam meningkatkan kemampuan literasi peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Mlokorejo adalah Kepala Madrasah mengawasi guru dan Kepala perpustakaan dalam memberikan informasi tentang literasi baik dalam fasilitas maupun pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220407 Studies in Religious Traditions (excl. Eastern, Jewish, Christian and Islamic Traditions)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mrs Nurul Istiqomah
Date Deposited: 11 May 2023 09:09
Last Modified: 11 May 2023 09:09
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23389

Actions (login required)

View Item View Item