Adopsi Nilai – Nilai Pemahaman Tentang Perbankan Syariah, Reputasi, Dan Disposable Income Terhadap Minat Mahasiswa Perbankan Syariah Iain Jember Dalam Menabung Di Bank Syariah

Chozaimah, Ms (2020) Adopsi Nilai – Nilai Pemahaman Tentang Perbankan Syariah, Reputasi, Dan Disposable Income Terhadap Minat Mahasiswa Perbankan Syariah Iain Jember Dalam Menabung Di Bank Syariah. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ms. Chozaimah_E20161021.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian yang dilakukan pada skripsi ini yaitu tentang masalah “Adopsi Nilai – Nilai Pemahaman Tentang Perbankan Syariah, Reputasi, Dan Disposable Income Terhadap Minat Mahasiswa Perbankan Syariah Iain Jember Dalam Menabung Di Bank Syariah”. Penelitian dilakukan untuk mengetahui apakah ada pengaruh secara parsial dan simultan antara pemahaman, reputasi perbankan syariah, dan disposable income terhadap minat menabung mahasiswa Perbankan Syariah IAIN Jember. Penelitian menggunakan sampel mahasiswa IAIN Jember Prodi Perbankan Syariah dengan jumlah sampel 92 orang. Metode yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan membuktikan rumusan masalah yang dikemukakan. Teknik pengambilan sampel menggunakan Random Sampling dengan rumus Slovin. Analisis data menggunakan software SPSS. Pengumpulan data menggunakan kuisioner yang diisi oleh sampel. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, validitas dan reliabilitas, dan uji asumsi klasik. Hasil penelitian yang diperoleh didapatkan secara parsial dan simultan antara pemahaman, reputasi perbankan syariah, dan disposable income terhadap minat menabung mahasiswa IAIN Jember prodi Perbankan Syariah di bank syariah. Hasil pemahaman perbankan syariah terhadap minat menabung mahasiswa berpengaruh signifikan dengan nilai t hitung > t tabel yaitu 3,242 < 1,987. Hasil reputasi perbankan syariah terhadap minat menabung mahasiswa berpengaruh signifikan dengan nilai t hitung > t tabel yaitu 5,118 > 1,987. Hasil dispoasble income terhadap minat menabung mahasiswa berpengaruh signifikan dengan nilai t hitung < t tabel yaitu 6,946 < 1,987. Hasil secara simultan tentang pemahaman, reputasi perbankan syariah, dan disposable income berpengaruh signifikan terhadap minat menabung mahasiswa dengan nilai F tabel < F hitung yaitu 86,580 < 2,71. Kata Kunci : Minat Menabung, Perbankan Syariah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150199 Accounting, Auditing and Accountability not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 11 May 2023 04:04
Last Modified: 11 May 2023 04:04
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23398

Actions (login required)

View Item View Item