Diniyah, Mufidatut (2020) Pelaksanaan Ekstrakurikuler Pencak Silat Paga Nusa dalam Meningkatkan Bakat dan Minat Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda 1 Tegalpare Banyuwangi Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Mufidatut Diniyah_T20164010.pdf Download (965kB) |
Abstract
Ekstrakurikuler pencak silat pagar nusa merupakan ekstrakurikuler yang masih jarang diterapkan pada tingkat sekolah dasar, akan tetapi di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda 1 Tegalpare Banyuwangi sudah berhasil menerapkan ekstrakurikuler ini dengan baik. Dalam pelaksanaannya lebih difokuskan pada kepercayaan diri siswa yang akan membantu memudahkan proses peningkatan bakat dan minat. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimanakah pembinaan ekstrakurikuler pencak silat pagar nusa dalam meningkatkan bakat dan minat siswa di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda 1 Tegalpare Banyuwangi tahun pelajaran 2019/2020? 2) Bagaimanakah pengawasan ekstrakurikuler pencak silat pagar nusa dalam meningkatkan bakat dan minat siswa di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda 1 Tegalpare Banyuwangi tahun pelajaran 2019/2020? 3) Bagaimanakah evaluasi ekstrakurikuler pencak silat pagar nusa dalam meningkatkan bakat dan minat siswa di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda 1 Tegalpare Banyuwangi tahun pelajaran 2019/2020? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan pembinaan ekstrakurikuler pencak silat pagar nusa dalam meningkatkan bakat dan minat siswa di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda 1 Tegalpare Banyuwangi tahun pelajaran 2019/2020. 2) Mendeskripsikan pengawasan ekstrakurikuler pencak silat pagar nusa dalam meningkatkan bakat dan minat siswa di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda 1 Tegalpare Banyuwangi tahun pelajaran 2019/2020. 3) Mendeskripsikan evaluasi ekstrakurikuler pencak silat pagar nusa dalam meningkatkan bakat dan minat siswa di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda 1 Tegalpare Banyuwangi tahun pelajaran 2019/2020. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan penelitian kualitatif. Jenis penelitian deskriptif. Teknik subyek penelitian yaitu purposive sampling. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teori Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan. Sedangkan keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka dapat disimpulkan antara lain: 1) Pembinaan pelatihan pencak silat tidak hanya difokuskan pada bidang gerakan, tapi difokuskan juga pada pengenalan NU, pengembangan diri, dan kepercayaan diri. 2) Pengawasan dilaksanakan secara tidak langsung oleh kepala sekolah tapi mendapatkan perwakilan dari guru yang lain, dan mendapatkan laporan absensi dari pihak pelatih pada setiap satu bulan sekali. 3) Kegiatan evaluasi dilakukan dengan program pra test dan tes. Pra test diterapkan dengan ujian praktek yang mencakup materi keagamaan, dan tes diterapkan dengan cara ujian praktek yang mencakup kemampuan menghafalkan gerakan sekaligus ujian tulis yang mencakup materi kepagar nusaan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Retno Amelia |
Date Deposited: | 11 May 2023 04:04 |
Last Modified: | 11 May 2023 04:04 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23401 |
Actions (login required)
View Item |