Upaya Mengembangkan Kosakata Anak Melalui Metode Bernyanyi Kelompok B di TK Suluh Tani Desa sidomulyo kecamatan silo kabupaten jember tahun pelajaran 2022/2023

anisa, lailatul anisa putri (2023) Upaya Mengembangkan Kosakata Anak Melalui Metode Bernyanyi Kelompok B di TK Suluh Tani Desa sidomulyo kecamatan silo kabupaten jember tahun pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, uin kiai haji achmad siddiq jember.

[img] Text
LAILATUL_ANISA_PUTRI_T20195061[1].pdf

Download (7MB)

Abstract

Lailatul Anisa,2023. Upaya Mengembangkan Kosakata Anak Melalui Metode Bernyanyi Kelompok B di TK Suluh Tani Desa Sidomulyo, Kecamatan Silo, Kabupaten Jember.
Kata Kunci: Kosakata, Metode bernyanyi, Anak usia dini
Mengembangkan kosakata anak melalui metode bernyanyi di TK suluh tani memiliki peran yang sangat penting dalam proses belajar mengajarnya sebab metode ini sangat membantu guru dalam mengupayakan agar kosakata anak dapat berkembang dengan baik dan mengetahui banyak kata baru,metode tersebut dilakukan mulai dari perencanaan, upaya, dan hasil implementaasi guru.
Berdasarkan konteks penelitian maka fokus penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana perencanaan guru dalam mengembangkan kosakata anak melalui metode bernyanyi kelompok B di TK Suluh Tani? 2) Bagaimana upaya guru dalam mengembangkan kosakata anak melalui metode bernyanyi kelompok B di TK Suluh Tani? 3) Bagaimana hasil upaya guru dalam mengembangkan kosakata anak melalui metode bernyanyi kelompok B di TK Suluh Tani?
Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Sedangkan jenis penelitiannya yaitu menggunakan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: Observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis Data yang digunakan yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan kredibilitas data yaitu: triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa meningkatkan kosakata anak melalui metode bernyanyi sangat efektif digunakan: 1) Perencanaan guru dalam meningkatkan kosakata anak melalui metode bernyanyi dilakukan dengan cara guru membuat RPPH yang sudah disesuaikan dengan tema pembelajaran. Guru menyiapkan buku paket sesuai dengan tema pembelajaran. 2) Upaya guru dalam meningkatkan kosakata anak melalui metode bernyanyi dilakukan dengan cara menyiapkan lagu-lagu sederhana yang mudah diingat dan dihafal. Membuat suasana belajar yang sangat menyenangkan jadi diselingi dengan perminan atau nyanyian. Dan guru juga mengambil lagu di youtube dan ketika workshop IGTKI. Dan juga menggunakan beberapa indikator yang sesuai dengan tema RPPH. 3) Hasil implementasi guru dalam meningkatkan kosakata anak melalui metode bernyanyi yaitu hasilnya sangat baik karena dengan metode bernyanyi kosakata anak tambah meningkat karena ketika anak sering mengulang-ulang dan sering mendengarkan lagu atau nyanyian maka dengan begitu anak menemukan banyak kata baru (dapat lebih banyak mengenal kata baru). Dan juga menggunakan penilaian ceklist yang sudah disesuaikan dengan indikator anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Ms Lailatul Anisa putri Anisa
Date Deposited: 11 May 2023 08:53
Last Modified: 11 May 2023 08:53
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23404

Actions (login required)

View Item View Item