Analisis Penerapan Akuntansi Pembiayaan Murabahah Berdasarkan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) No. 102 Pada BMT UGT Nusantara CAPEM Kaliwates Jember

Eka, Dela Rofita (2023) Analisis Penerapan Akuntansi Pembiayaan Murabahah Berdasarkan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) No. 102 Pada BMT UGT Nusantara CAPEM Kaliwates Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
EKA DELA ROFITA_E20183083-1.pdf

Download (4MB)

Abstract

Eka Dela Rofita, 2022: Analisis Penerapan Akuntansi Pembiayaan Murabahah Berdasarkan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) No. 102 Pada BMT UGT Nusantara CAPEM Kaliwates Jember
Kata kunci: akuntansi murabahah, PSAK 102
Di BMT UGT Nusantara CAPEM Kaliwates Jember terdapat tiga akad yaitu akad murabahah (akad jual beli dimana keuntungan telah disepakati oleh pembeli dan penjual), akad rahn (perjanjian utang piutang dengan menahan barang sebagai jaminan), dan akad kafalah (menanggung hutang orang lain). Akad yang sering digunakan yaitu akad murabahah, karena BMT sendiri target operasionalnya fokus kepada sektor Usaha Kecil Menengah jadi akad yang paling sesuai digunakan di BMT tersebut adalah akad murabahah. Nasabah juga lebih sering menggunakan akad murabahah karena menurut nasabah akad pembiayaan murabahah sangat mudah dan memiliki resiko yang relatif rendah.
Adapun fokus penelitian pada skripsi ini adalah: 1) bagaimana pelaksanaan murabahah pada BMT UGT Nusantara CAPEM Kaliwates Jember? 2) bagaimana perlakuan akuntansi pembiayaan murabahah pembiayaan murabahah berdasarkan PSAK No. 102 pada BMT UGT Nusantara CAPEM Kaliwates Jember?
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui pelaksanaan pembiayaan murabahah pada BMT UGT Nusantara CAPEM Kaliwates Jember. 2) untuk mengetahui perlakuan akuntansi pembiayaan murabahah berdasarkan PSAK No. 102 pada BMT UGT Nusantara CAPEM Kaliwates Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. penelitian kualitatif menggunakan data kualitatif seperti wawancara, data observasi patisipan dan data dokumen untuk memahami dan menjelaskan fenomenal sosial. Untuk jenis penelitian peneliti menggunakan penelitian deskriptif, yaitu penelitian kualitatif bersifat mendeskripsikan makna dan data atau fenomena yang ditangkap peneliti, dengan menunjukkan bukti-buktinya.
Pengakuan dan pengukuran akuntansi murabahah di BMT UGT Nusantara CAPEM Kaliwates Jember tidak sesuai dengan PSAK 102 karena di BMT tidak ada denda berupa uang tapi diganti dengan nazar dan juga BMT tidak memiliki resiko yang signifikan terkait dengan kepemilikan persediaan. Untuk penyajian, pengungkapan dan penerapan akuntansi pembiayaan murabahah pada BMT UGT Nusantara CAPEM Kaliwates Jember sudah sesuai dengan PSAK 102.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149901 Comparative Economic Systems
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Eka Dela Rofita
Date Deposited: 11 May 2023 04:03
Last Modified: 11 May 2023 04:03
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23411

Actions (login required)

View Item View Item