Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Accelerated Learning Tipe MASTER Terhadap Hasil Belajar Akidah Akhlak Siswa Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Wahid Hasyim Kunir Kabupaten Lumajang Tahun Pelajaran 2020/2021

Abqoriy, Muhammad (2021) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Accelerated Learning Tipe MASTER Terhadap Hasil Belajar Akidah Akhlak Siswa Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Wahid Hasyim Kunir Kabupaten Lumajang Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Muhammad Abqoriy_T20171259.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kata kunci: model pembelajaran, accelerated learning tipe MASTER, hasil belajar akidah akhlak Kualitas dan keberhasilan dalam proses pembelajaran dipengaruhi oleh kemampuan guru dalam merancang suatu kegiatan pembelajaran. Proses pembelajaran harus di rancang sedemikian rupa agar sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik siswa. Salah satu indikator keberhasilan pendidikan adalah mengacu pada hasil yang di dapat dalam proses pembelajaran. salah satu alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran adalah dengan menggunakan model pembelajaran accelerated learning tipe mind, acquire, search, triger, exhibit, dan reflect (MASTER). Model pembelajaran tipe MASTER adalah salah satu model pembelajaran accelerated learning (pembelajaran dipercepat) yang mengajarkan siswa untuk memahami bagaimana cara belajar yang menyenangkan dan keratif serta cara berpikir kritis dengan menggunakan langkah yaitu mind, acquire, search, triger, exhibit, dan reflect. Fokus penelitian ini adalah apakah ada pengaruh dalam penerapan model pembelajaran accelerated learning tipe MASTER terhadap hasil belajar akidah akhlak siswa kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Wahid Hasyim Kunir Kabupaten Lumajang tahun pelajaran 2020/2021. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh dalam penerapan model pembelajaran accelerated learning tipe MASTER terhadap hasil belajar akidah akhlak siswa kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Wahid Hasyim Kunir Kabupaten Lumajang tahun pelajaran 2020/2021. Adapun pendekatan penelitian dalam skripsi ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen sebenarnya (true experimental). Populasi dari penelitian ini adalah kelas VIII namun karena keterbatasan kondisi dan waktu maka sampel yang digunakan hanya kelas VIII A dan VIII B. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara, observasi dan tes. Analisis data menggunakan uji-t (t-test). Sesuai dengan analisis data yang berdasarkan dari perhitungan uji t pada taraf sig. 0,05 (5%) dengan data yang dianalisis adalah beda skor hasil belajar antara kelas eksperimen (kelas VIII A) dan kelas kontrol (kelas VIII B). Perhitungan menunjukkan nilai thitung adalah 2,065 > t tabel 2,00758 yang artinya adalah Ho ditolak dan Ha diterima. Ini menunjukkan ada pengaruh dalam penerapan model pembelajaran accelerated learning terhadap tingkat hasil belajar pada mata pelajaran akidah akhlak siswa kelas VIII di MTs Wahid Hasyim Kunir Kabupaten Lumajang tahun pelajaran 2020/2021. Selain itu, dilakukan juga penghitungan keefektifan relatif (ER) yang menunjukkan nilai sebesar 38,57 % yang artinya bahwa pencapaian hasil belajar siswa dengan model pembelajaran accelerated learning 38,57 % lebih efektif daripada model pembelajaran ceramah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 11 May 2023 04:03
Last Modified: 11 May 2023 04:03
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23412

Actions (login required)

View Item View Item