Terapi Pembinaan Lima aspek dasar Pencak Silat dalam menumbuhkan rasa percaya diri terhadapa individu (studi kasus di Kecamatan Sukowono Kebupaten Jember).

Mahasibi, Muhammad Alfian (2021) Terapi Pembinaan Lima aspek dasar Pencak Silat dalam menumbuhkan rasa percaya diri terhadapa individu (studi kasus di Kecamatan Sukowono Kebupaten Jember). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Muhammad Alfian Mahasibi_D20173052.pdf

Download (5MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang terapi pembinaan Lima aspek dasar Pencak Silat dalam menumbuhkan rasa percaya diri terhadap individu di Pencak Silat Kecamatan Sukowono Kabupaten Jember. Kajiannya di latarbelakangi oleh pentingnya rasa percaya diri terhadap individu untuk mendekatkan diri pada Allah Swt dan memperbaiki Akhlak karena manusia semakin jauh dari zaman Nabi Muhammad maka pentingnya mengembalikan rasa percaya diri untuk mendekatkan diri kepada Allah Swt dan memperbaiki Akhlak dengan Terapi Pembinaan Lima aspek dasar Pencak Silat dalam menumbuhkan rasa percaya diri terhadap individu. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini,yaitu : 1.Bagaimana terapi pembinaan Lima aspek dasar Pencak Silat dalam menumbuhkan rasa percaya diri terhadap individu?,2. Apa faktor penghambat dalam terapi pembinaan Lima aspek dasar Pencak Silat dalam menumbuhkan rasa percaya diri terhadap individu? Tujuan penelitian ini yaitu : 1. Untuk menjelaskan bagaimana terapi pembinaan Lima aspek dasar Pencak Silat dalam menumbuhkan rasa percaya diri terhadap individu. 2. Untuk mengetahui apa faktor penghambat dalam terapi pembinaan Lima aspek dasar Pencak Silat dalam menumbuhkan rasa percaya diri terhadap individu. Untuk menjawab fokus penelitian di atas, peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian lapangan (field research). Pemilihan subjek penelitian menggunakan teknik purposive. Adapun analisis data menggunakan modal Spradley yang meliputi pengamatan deskriptif, analisis domain, pengamatan terfokus, analisis taksonomi, pengamatan terpilih, analisis komponensial, dan analisis tema, keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1. Terapi Pembinaan yang diberikan kepada siswa meliputi, persaudaraan, pentingnya rasa tolong menolong, olahraga, push up, sit up, lari, pemanasan, peregangan, seni jurus tunggal, jurus beregu, jurus ganda, bela diri, menangkan diri, tangkisan pukulan ,tangkisan tendangan, berfikir dengan hati dan pemahaman norma-norma di masyarakat, dari terapi pembinaan Lima faktor tersebut dapat meningkatkan rasa percaya diri individu 2. Faktor penghambat dalam terapi Lima aspek dasar Pencak Silat yaitu: perbedaan karakter siswa, adanya siswa yang sering absen latihan dan faktor umur yang masih anak-anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 11 May 2023 04:03
Last Modified: 11 May 2023 04:03
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23414

Actions (login required)

View Item View Item