Partisipasi Masyarakat Dalam Pengawasan Pengelolaan Dana Desa Menurut Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa(Studi Kasus Masyarakat Desa Kertonegoro Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember)

Rohman, Muhammad Fadil (2021) Partisipasi Masyarakat Dalam Pengawasan Pengelolaan Dana Desa Menurut Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa(Studi Kasus Masyarakat Desa Kertonegoro Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Muhammad Fadlil Rohman_S20173035.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kata Kunci : Partisipasi,pengawasan, pengelolaan dana desa, Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa Negara Indonesia adalah negara kesatuan yang berbentuk Republik dalampenyelenggaraan pemerintahan membagi kewenangan untuk menjalankan dalam bentuk pemerintahan pusat dan pemerintahan daerah. Pemerintahan daerah dibagi menjadi pemerintahan tinggkat provinsi, kota/kabupaten, dan pemerintahan desa. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: ? 1) Bagaimana pengelolaan dana desa menurut Undang-undang No 6 Tahun 2014 Tentang Desa di Desa Kertonegoro Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember? 2) Bagaimana peran serta masyarakat desa dalam mengawasi pengelolaan dana desa di Desa Kertonegoro Kecamatan Jenggawah Kabupaten JemberTujuan penelitian ini adalah 1) Mengetahui pengelolaan dana desa menurut Undang-Undang No 6 Tahun 2014 Tentang Desa di Desa Kertonegoro Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember? 2) mengetahui peran serta masyarakat Desa dalam mengawasi pengelolaan dana desa di Desa Kertonegoro Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember? Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif yaitu untuk mengetahui atau menggambarkan kenyataan dari kejadian yang diteliti. Lokasi penelitian ini di lakukan di desa Kertonegoro Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember. Subjek penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data peneliti menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data penelitian ini mengunakan induksi dan deduksi. Keabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi Teknik. Sehingga memudahkan penulis untuk mendapatkan data yang objektif dalamrangka mengetahui partisipasi masyarakat dalam pengawasan pengelolaan dana desa di Desa Kertonegoro Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember Menurut Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa. Hasil dari penelitian ini adalah 1) pengelolaan dana desa menurut Undang-undang No 6 Tahun 2014 Tentang Desa di Desa Kertonegoro Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember adalah Pemerintahan desa dalam mengelola dana desa harus memenuhi prinsip pengelolaan dana desa, supaya masyarakat ikut serta terlibat dalam mengawasi jalanya pengelolaan dana desa yang mengarah kepada pembangunan, pemberdayaan dan pembinaan.2) partisipasi masyarakat desa dalam mengawasi pengelolaan dana desa di Desa Kertonegoro Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember adalah masih pada tahap konsultasi yaitu masyarakat tidak hanya diberitau tetapi juga diundang untuk serap aspirasi yang akan menjadikan bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan, metode yang sering digunakan ialah survei tentang arah pemikiran masyarakat.pengawasan masyarakat desa Kertonegoro Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember dalam pengelolaan dana desa dilakukan secara lisan dan tertulis pada tahapan perencanaan dan pelaksanaan kegiatan program.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150299 Banking, Finance and Investment not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 11 May 2023 04:03
Last Modified: 11 May 2023 04:03
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23421

Actions (login required)

View Item View Item