Hutang Piutang Bersyarat Di Desa Pace Kecamatan Silo Kabupaten Jember Dalam Pandanganhukum Islam.

Junaidi, Muhammad (2021) Hutang Piutang Bersyarat Di Desa Pace Kecamatan Silo Kabupaten Jember Dalam Pandanganhukum Islam. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Muhammad Junaidi_S20162018.pdf

Download (5MB)

Abstract

Peraktek taransaksi hutaang piutang bersyarat yang di lakukan masyarakat silo kabupaten jember kepada petugas bank wakaf mikro dimana petugas tersebut mendatangi masyaratkat dan menawarkan hutang piutang dimana peraktek tersebut bagi mereka yang meminjam atau hutang tersebut di harusakan mengikuti pengajian dan hutang piutang tersebut tidak ada agunan dan tidak ada bunga namun dalam perakteknya ada penariakan 500 (limaratus rupiah) uang yang di tawarkan tersebut sebesar 1.000.000 (satu juta rupiah) dan ansuran 20.000 (duapuluh ribu) selama 50 minggu jadi bangii yang meminjam/berhutang membayar 20.500 (duapuluh limaratus) Jika melihat dari segi syarat dan rukun sahnya, peraktek hutang piutang tersebut sudah terpenuhi dalam ketentuan hukum islam. Kemudian dalam segi objeknya utang uang itu sudah memenuhi keteria dalam hukum islam. Namun yang menjadi permasalahan dalam peraktik hutang piutang tersebut adanya penarikan uang tambahan. Fokus penelitian ini adalah:1) bagaimana mekanisme pelaksanan hutang piutang bersyarat di desa pace kecamatan silo kabupatenjember? 2). Bagaimana tinjauan hukumi slam terhadap hutang piutang bersyarat di desa pace kecamatan silo kabupaten jember.? Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bagaimana mekanisme pelaksanaan hutang piutang bersyarat di Desa Pace Kecamatan Silo Kabupaten jember. Dan untuk mengetahui bagaimana tijauan hokum islam terhadap hutang piutang bersyarat di desa pace kecamatan silo kabupatn jember. Dalam penelitian ini penulis mengunakan metodepenelitian kualitatif yang nantinya akan menghasilkan data deskriftif berupa kata kata tertulis atau lisan dari orang orang yang menjadi informan. Dengan di tambahkan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi untuk menambah dan memperkuat data. Dan untuk kesimpulanya 1) Mekanisme pelaksanaan utang piutang bersyarat di Desa Pace Kecamatan Silo Kabupaten Jember. yaitu untuk pendaftaran administrasi KTP dan KK dan masyarakat harus mengikuti pelatihan selama liama hari yang di singkat (PWK) pelatihan wajib kelompok. Masyarakat juga mendapatkan materi tentang kedisiplinan, komitmen berusaha, solidariatas dan berani untuk berusaha. 2). Tijauan hukum islam terhadap peraktek hutang piutang bersyarar di Desa Pace Kecamatan Silo Kabupaten Jember, menurut hukum islam pembrian syarat tersebut di perbolehkan karena pemberian syarat tersebut tidak menguntungkan salah satu pihak. Dalam perjanjian utang piutang, dapat di adakan syarat syarat yang tidak betentangan dengan ketentuan hukum isalam, tetapi apa bila syarat tersebut bertentanga dengan ketentuan ketentuan hukum islam, maka perjanjian hutang piutang itu tidak sah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150299 Banking, Finance and Investment not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 11 May 2023 04:01
Last Modified: 11 May 2023 04:01
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23430

Actions (login required)

View Item View Item