Muslih, Muhammad (2020) Pengembangan Bahan Ajar Mahabbati Dalam Pembelajaran Al-Qur’an di Taman Pendidikan Al-Qur’an Nurul Muttaqin Desa Kunir Kidul Kecamatan Kunir Kabupaten Lumajang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Muhammad Muslih_0849418012.pdf Download (51MB) |
Abstract
Kata Kunci: Bahan Ajar, Pembelajaran Membaca Al-Qur’an, Mahabbati Kemampuan membaca Al-Qur’an merupakan keterampilan yang harus dikuasai oleh seluruh putra-putri orang Islam, karena Al-Qur’an merupakan pedoman, tuntunan dalam kehidupan umat Islam, Taman Pendidikan Al-Qur’an Nurul Muttaqin adalah salah satu lembaga pendidikan Al-Qur’an, yang muncul karena banyak orang tua yang menginginkan anaknya bisa mengaji dan banyaknya para remaja usia SMP, kurang bisa membaca Al-Qur’an dengan benar berdasarkan ilmu Tajwid, Hal ini terjadi karena metode Al-Bagdadiyah yang dipakai di mushola prosesnya terlalu lama, sehingga anak sudah lulus kelas 6 MI/SD masih kurang bisa membaca Al-Qur’an dan mereka sudah tidak mau belajar membaca Al-Qur’an di Mushola atau di Taman Pendidikan Al-Qur’an. Dari permasalahan tersebut, peneliti mempunyai Inisiatif dengan membuat bahan ajar membaca Al-Qur’an Mahabbati. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui efektivitas Bahan Ajar membaca Al-Qur’an Mahabbati di Taman Pendidikan Al-Qur’an Nurul Muttaqin Desa Kunir Kidul Kecamatan Kunir Kabupaten Lumajang, Penyusunan mahabbati ini dimulai dari pengenalan huruf-huruf hijaiyah yang berharakat Fathah dan tidak berharakat, dan dikembangkan dengan perubahan harokat, mempelajari panjang pendek huruf, hukum bacaan dan waqaf. Metode penelitian dan pengembangan (Research and Development ) adalah metode yang di gunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan produk tersebut. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model dari ASSURE memiliki 6 langkah yaitu karakterisrik siswa, standar dan tujuan pembelajaran, Strategi Pembelajaran, media pembelajaran, partisipasi siswa, evaluasi. Teknik uji coba dilakukan pretest dan posttest dari 100 siswa dan menggunakan Uji-t untuk mengetahui Efektifitas bahan ajar. Hasil validasi desain dengan menggunakan model ASSURE adalah 100% dan validasi isi adalah 94 %, ini menunjukkan bahwa bahan ajar metode membaca Al-Qur’an Mahabbati sangat baik, sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil analisis data menunjukkkan bahwa uji coba tes hasil belajar pertama dari 100 siswa menunjukkan siswa tuntas 40 % dan tidak tuntas 60 %, uji coba kedua menunjukkan 90 % Tuntas dan 10 % tidak tuntas. Hasil analisis data uji-t diperoleh bahwa t hitung sebesar 12,542 dan t tabel sebesar 1,948. Dari uji-t tersebut, diketahui bahwa t hitung > t tabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa bahan ajar metode mambaca Al-Qur’an efektif untuk digunakan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Retno Amelia |
Date Deposited: | 11 May 2023 04:01 |
Last Modified: | 11 May 2023 04:01 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23433 |
Actions (login required)
View Item |