penerapan metode Student Facilitator and Explaining dalam meingkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak kelas X di Madrasah Aliyah Al-Misri Rambipuji Jember

Nur, Muhammad (2021) penerapan metode Student Facilitator and Explaining dalam meingkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak kelas X di Madrasah Aliyah Al-Misri Rambipuji Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Muhammad Nur_T20171112.pdf

Download (6MB)

Abstract

Kata Kunci: Metode Student Facilitator and Explaining,Pembelajaran Aqidah Akhlak Pembelajaran yang baik tentunya tidak hanya didominasi oleh guru tetapi juga melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran. Namun keaktifan siswa kelas X MA Al-Misri Rambipuji Jember masih belum nampak. Oleh karena itu diperlukan metode pembelajaran yang berpusat pada siswa agar siswa dapat berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran. Metode pembelajaran yang dipilih dalam penelitian ini adalah metode Student Facilitator and Explainingyang bertujuan agar siswa berfikir aktif dan melatih siswa untuk berpendapat. Adapun fokus yang peneliti ambil dalam penelitian ini adalah : pertama, Bagaimanapenerapan Metode Student Facilitator and Explaining pada mata pelajaran Aqidah Akhlak Kelas X di MA Al-Misri Rambipuji Jember Tahun Pelajaran 2020/2021? Kedua, Apa saja hambatan yang terjadi dalam pembelajaran Aqidah Akhlak dengan menggunakan metode Student Facilitator and Explainingdi kelas X MA Al-Misri Rambipuji Jember Tahun Pelajaran 2020/2021? Ketiga, Bagaimana keaktifan siswa dalam pembelajaran Aqidah Akhlak dengan menggunakan metode Student Facilitator and Explaining kelas X MA Al-Misri Rambipuji Jember? Untuk mencapai tujuan diatas, peneliti menggunakan penelian kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriftif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan wawancara, observasi dan studi dokumen. Sedangkan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah analisis kualitatif Miles dan Huberman. Sedangkan untuk menguji keabsahan data yang diperoleh, peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu: 1) Penerapan Metode Student Facilitator and Explaining pada mata pelajaran Aqidah Akhlak Kelas X di MA Al-Misri Rambipuji Jember sudah berjalan dengan baik. Mulai dari perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, maupun penilaian pembelajaran yang dilakukan oleh guru dapat terlaksana sesuai yang diharapkan. Tujuan dari penerapan metode ini dalam pembelajaran Aqidah Akhlak yakni untuk meningkatkan keaktifan siswa saat kegiatan pembelajaran telah tercapai. 2) hambatan yang terjadi dalam pembelajaran Aqidah Akhlak dengan menggunakan metode Student Facilitator and Explainingkelas X di MA Al-Misri Rambipuji Jember yaitu:alokasi waktu dirasa kurang memadai, kurangnya sumber belajar,adanya siswa yang pasif, siswa/kelompok yang mengulur-ulur waktu. 3) keaktifan siswa dalam pembelajaran Aqidah Akhlak dengan menggunakan metode Student Facilitator and Explaining kelas X MA Al-Misri Rambipuji Jember mengalami peningkatan. Hal ini terlihat dari meningkatnya partisipasi siswa ketika proses pembelajaran, baik dalam hal berbicara menyampaikan materi atau presentasi di depan kelas, berdiskusi, bertanya maupun menjawab pertanyaan saat kegiatan tanya jawab antar kelompok.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 11 May 2023 04:01
Last Modified: 11 May 2023 04:01
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23435

Actions (login required)

View Item View Item