Konsumerisme pada Pola Konsumsi di Kalangan Mahasisiwi IAIN Jember.

Muhebby, Mr (2020) Konsumerisme pada Pola Konsumsi di Kalangan Mahasisiwi IAIN Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Mr. Muhebby_E20152037.pdf

Download (2MB)

Abstract

Gaya hidup yang semakin modern mendorong terjadinya perubahan sosial bagi mahasiswa. Dengan gaya hidup berpenampilan sempurna (Fashion Style), dan juga dengan adanya tempat-tempat hiburan yang lengkap, dapat mempengaruhi gaya hidup mahasiswa. Gaya hidup mahasiswa saat ini terlalu banyak mengikuti tren yang sedang marak di masyarakat, kecenderungan memiliki barang-barang baru dengan merk yang sedang populer menjadi salah satu ciri khas mahasiswa saat ini. Perilaku semacam ini juga menjadi alasan mahasiswa memiliki perilaku konsumtif. Berdasarkan pengertian dan latar belakang diatas, maka yang menjadi fokus penelitian dalam penulisan ini adalah : 1) Bagaimana pola konsumsi mahasiswi IAIN Jember? 2) Apa saja faktor yang mempengaruhi perilaku konsumtif mahasisiwi IAIN Jember? Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan 1) Untuk mengetahui pola konsumsi dikalangan mahasiswi IAIN Jember. 2) Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumtif mahasisiwi IAIN Jember. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, karena dalam penelitian ini akan menghasilkan data yang bersifat deskriptif mengenai konsumerisme pada pola konsumsi di kalangan mahaiswi IAIN Jember. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Pola konsumsi yang dilakukan mahasiwi IAIN Jember dapat dikatakan pola konsumsi yang wajar dari segi kebutuhan hidup, namun pola konsumsi mahasiswi dapat dikatakan tahap awal pola konsumsi berlebihan atau dapat dikatakan perilaku konsumtif. Pasalnya sebagian mahasiswi terkadang melupakan kemaslahatan atas manfaat dari barang yang mereka beli. Dari perilaku tersebut kebiasaan mahasiswi secara perlahan akan mengalami perubahan pola konsumsi, sebab dari kebiasaan yang dilakukan secara berkala maka mahasiswi akan didorong oleh suatu keinginan untuk melakukan perilaku konsumtif. 2) Dari perilaku konsumtif yang dilakukan, mahasiswi terdorong untuk melakukan perilaku tersebut karena faktor internal dan faktor eksternal. Faktor pengaruh lainnya adalah menjamurnya pasar-pasar modern seperti supermarket, mini market dan pasar-pasar raya yang lain. Adapun pengaruh dalam bidang teknologi informasi peran media sosial dan media masa, sama besarnya pengaruh terhadap perilaku konsumtif. Kata Kunci : Konsumerisme, Pola Konsumsi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 11 May 2023 08:47
Last Modified: 11 May 2023 08:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23439

Actions (login required)

View Item View Item