Internalisasi nilai-nilai harmonisasi antar umat beragama melalui kegiatan maulid nabi muhammad SAW di SMA Negeri Umbulsari.

Anggraini, Novita (2023) Internalisasi nilai-nilai harmonisasi antar umat beragama melalui kegiatan maulid nabi muhammad SAW di SMA Negeri Umbulsari. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad siddiq Jember.

[img] Text
Novita Anggraini_T20191226.pdf

Download (3MB)

Abstract

Indonesia merupakan bangsa multikultural, yang dihuni oleh beragam ras, etnis, budaya dan agama. Hal ini dapat dilihat dari realitas sosial yang ada. Bukti kemajemukan nya dapat dibuktikan dengan semboyan dalam lambang Negara Republik Indonesia “Bhinneka Tunggal Ika”. Harmonisasi umat beragama merupakan kebutuhan utama umat manusia yang tidak dapat terhindarkan ditengah peradaban manusia yang penuh atas perbedaan. Perbedaan yang ada bukan penghalng untuk hidup rukun, damai, tentram, serta sejahtera dalam kanovi persaudaraan dan persatuan. Melalui pendidikan agama di sekolah lebih khususnya pendidikan agama islam diharapkan mampu memberi solusi, agar terjadi rasa saling menghormati, menghargai, dan meningkatkan rasa kebersamaan tanpa harus mengusik keyakinan masing-masing.
Berdasarkan konteks penelitian diatas. Adapun fokus penelitian ini adalah, 1) Bagaimana peran penting guru PAI dalam harmonisasi umat beragama di SMA Negeri Umbulsari? 2) Bagaimana harmonisasi umat beragama melalui kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW di SMA Negeri Umbulsari?.
Tujuan penelitian ini dilaksanakan yaitu, 1) Mengetahui peran penting guru PAI dalam harmonisasi umat beragama di SMA Negeri Umbulsari. 2) Mengetahui harmonisasi uamt beragama melalui kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW di SMA Negeri Umbulsari.
Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui metode pengumpulan data yaitu: Observasi, wawancara, serta dokumentasi. Langkahnya meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengujian keabsahan data pada penelitian ini menggunakan dua jenis triangulasi yaitu: 1) Triangulasi Sumber dan, 2) Triangulasi Teknik.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Peran penting guru PAI dalam harmonisasi umat beragama di SMA Negeri Umbulsari yaitu: dengan selalu mengingatkan kepada seluruh peserta didik untuk saling menghormati, saling tolong menolong, saling membantu, saling rukun, dan lain sebagainya. Selain itu, guru PAI juga melibatkan peserta didik non muslim untuk saling membantu dalam kegiatan berkelompok. 2) Harmonisasi umat beragama melalui kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW di SMA Negeri Umbulsari yaitu: dengan adanya peringatan hari besar keagamaan salah satunya yaitu peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Pada peringatan ini seluruh peserta didik dilibatkan baik yang muslim maupun yang non muslim. Dengan adanya kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW di lembaga SMA Negeri Umbulsari dapat meningkatkan dan menjaga rasa keharmonisan antar umat bergama karena mengingat bahwa SMA Negeri Umbulsari merupakan lembaga yang memiliki banyak keragaman agama di dalamnya.
Kata kunci: Nilai-nilai harmonisasi, harmonisasi beragama, maulid nabi muhammad SAW.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Novita Anggraini
Date Deposited: 23 May 2023 02:32
Last Modified: 23 May 2023 02:32
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23448

Actions (login required)

View Item View Item