Penerapan Media Pembelajaran Audio Visual Pada Mata Pelajaran PAI di SMKN Darul Ulum Muncar Kelas X Tahun Pelajaran 2019/2020.

Mulajimatulfitria, Ms (2020) Penerapan Media Pembelajaran Audio Visual Pada Mata Pelajaran PAI di SMKN Darul Ulum Muncar Kelas X Tahun Pelajaran 2019/2020. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ms. Mulajimatulfitria_0849317038.pdf

Download (9MB)

Abstract

Kata Kunci: Penerapan Media Pembelajaran Audio Visual, Pendidikan Agama Islam. Penelitian kualitatif ini mencoba untuk menjawab pertanyaanpertanyaan berikut: (1) Bagaimana perencanaan pemilihan media pembelajaran audio visual pada mata pelajaran PAI di SMKN Darul Ulum Muncar kelas X Tahun Pelajaran 2019/2020; (2) Bagaimana penggunaan media pembelajaran audio visual pada mata pelajaran PAI di SMKN Darul Ulum Muncar kelas X Tahun Pelajaran 2019/2020; (3) Bagaimana evaluasi media pembelajaran audio visual pada mata pelajaran PAI di SMKN Darul Ulum Muncar kelas X Tahun Pelajaran 2019/2020; Dalam mencapai tujuan penelitian maka metode yang digunakan adalah dengan menggunakan penelitian kualitatif. Sumber data dibedakan menjadi dua yaitu manusia/orang dan bukan manusia, sumber data manusia berfungsi sebagai subjek atau informan kunci (key informants). Sedangkan sumber data bukan manusia berupa dokumen yang relevan dengan fokus penelitian. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan: (1) Observasi; (2) Wawancara (Interview); dan (3) Dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik analisis data kualitatif. Menggunakan tiga langkah, yaitu; data reduction (reduksi data), data display (penyajian data) dan conclusion drawing atau verification (Penarikan Kesimpulan/Verifikasi). Sedangkan teknik keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan teknik. Hasilnya adalah sebagai berikut: Pertama, melibatkan unsur waka kurikulum dan guru yang bersangkutan, penyusunan kurikulum, dan membuat perencanaan kegiatan pembelajaran. Kedua, penggunaan media pembelajaran guru harus menyesuaikan antara materi dengan media yang digunakan, guru memilih multimedia diskret dan kontinyu yang sesuai dengan materi atau tema yang akan diajarkan, dan multimedia diskret dan yang terakhir guru membuat RPP. Ketiga, evaluasi media pembelajaran diantaranya pada aspek pembelajaran menekankan pada pembentukan dan pembinaan budi pekerti dan akhlak mulia, kurikulum yang ada dikembangkan dengan menyesuaikan pada keadaan peserta didik, masukan dan saran yang diterima oleh pihak sekolah, dukungan pihak terkait seperti guru, memberikan motivasi tersendiri kepada peserta didik, lembar observasi bentuk daftar cek (check list) untuk evaluasi kemampuan berinteraksi dalam kegiatan siswa dan lembar evaluasi antar teman (peer assessment) terhadap kemampuan berinteraksi dalam kegiatan peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 11 May 2023 08:46
Last Modified: 11 May 2023 08:46
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23454

Actions (login required)

View Item View Item