KONTRIBUSI PROGRAM-PROGRAM BUM DESA JOLO SUTRO DALAM PEMBANGUNAN EKONOMI MASYARAKAT DESA KEMIREN KECAMATAN GLAGAH KABUPATEN BANYUWANGI

fitriyah, aminatul (2023) KONTRIBUSI PROGRAM-PROGRAM BUM DESA JOLO SUTRO DALAM PEMBANGUNAN EKONOMI MASYARAKAT DESA KEMIREN KECAMATAN GLAGAH KABUPATEN BANYUWANGI. Undergraduate thesis, Uin Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
AMINATUL FITRIYAH - Watermak.pdf

Download (3MB)

Abstract

Aminatul Fitriyah, Mashudi, S.E,I, M.E.I2022:Kontribusi Program-Program BUM DESAJolo Sutro Dalam Pembangunan EkonomiMasyarakat Desa Kemiren Kecamatan Glagah Kabupaten Banyuwangi.

Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) merupakan badan hukum yang didirikan oleh desa dan/atau bersama desa-desa guna mengelola usaha, memanfaatkan aset, mengembangkan investasi dan produktivitas, menyediakan jasa pelayanan, dan/atau menyediakan jenis usaha lainnya untuk sebesar-besarnya kesejahteraan masyarakat desa. Pengelolaan BUM Desayang dilakukan secara maksimal maka desa akan menjadi desa yang makmur secara ekonomi dan dapat meningkatkan kesejahteraan kehidupan masyarakat dan sebagai salah satu tujuan Pemerintah Desa guna mewujudkan rencana pembangunan dan perekonomian dengan tuntutan mampu menyediakan kebutuhan masyarakat dalam mengembangkan usahanya.
Fokus penelitian ini adalah : 1) Bagaimana implementasi program-program BUM Desa Jolo Sutro dalam pembangunan ekonomi masyarakat Desa Kemiren Kecamatan Glagah Kabupaten Banyuwangi? 2) Bagaimana kontribusi BUM Desa Jolo Sutro dalam pembangunan ekonomi masyarakat Desa Kemiren Kecamatan Glagah Kabupaten Banyuwangi?. Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mendeskripsikan implementasi program-program BUM Desa Jolo Sutro dalam pembangunan ekonomi masyarakat Desa Kemiren Kecamatan Glagah Kabupaten Banyuwangi. 2) Untuk mendeskripsikan kontribusi BUM Desa Jolo Sutro dalam pembangunan ekonomi masyarakat desa Kemiren Kecamatan Glagah Kabupaten Banyuwangi.Penelitian ini menggunakanmetode penelitian kualitatif, dengan jenis pendekatan deskriptif. Teknik penelitianmenggunakanteknikobservasi,wawancaradandokumentasi.Dengananalisisdata menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Keabsahan datamenggunakan triangulasi sumberdan waktu.
Hasil penelitian ini adalah : 1) Implementasi program BUM Desa di Desa Kemiren sudah berjalan, seperti menjalankan usaha Pasar Kampung Osing, paket wisata, homestay, dan HIPPAM dan dari keseluruhan program tersebut dapat meningkatkan perekonomian desa, hanya kinerja dari BUM Desa belum maksimal seperti menciptakan lapangan yang luas bagi masyarakat dan meningkatkan pendapatan asli desa sesuai yang diharapkan.2) Kontribusi BUM Desa Jolo Sutro dalam Pembangunan Ekonomi Masyarakat Desa Kemiren Kecamatan Glagah Kabupaten Banyuwangi dipengaruhi oleh enam variabel yani ukuran dan tujuan kebijakan, sumber daya, karakteristik agen pelaksana, sikap para pelaksana, komunikasi antar organisasi, dan yang terakhir yaitu lingkungan ekonomi, sosial, dan politik yang keseluruhannya sudah dapat disimpulkan cukup berjalan selaras dan seimbang.

Kata Kunci : Kontribusi, Badan Usaha Milik Desa, Pembangunan Ekonomi Masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149901 Comparative Economic Systems
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Aminatul Fitriyah
Date Deposited: 12 May 2023 02:11
Last Modified: 12 May 2023 02:11
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23466

Actions (login required)

View Item View Item